2016, Pendapatan PDAM Lampaui Target

Surabaya, areknews – Sepanjang tahun 2016 bisnis air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Surabaya menunjukkan peningkatkan yang signifikan. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, pendapatan PDAM Surya Sembada tahun ini mencapai Rp 600 milyar rupiah, naik 20% dibanding tahun lalu.

Sekretaris Perusahaan PDAM Surya Sembada, M.Iqbal mengatakan, sepanjang tahun 2016 ini pendapatan dari bisnis air bersih PDAM mencapai Rp 600 milyar atau melebihi dari target perusahaan.

“Pendapatan bisnis tahun ini melebihi target, yang pasti omset tahun ini meningkat 20% dibanding tahun 2015. Peningkatan ini berbanding lurus dengan bertambahnya pelanggan sambungan rumah air PDAM,” ujarnya disela – sela Media Ghatering dan Refleksi Akhir Tahun Kinerja PDAM Surya Sembada Surabaya, di International Cultur Center Pandaan-Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (18/12).

Saat ini, total pelanggan PDAM Surya Sembada sudah mencapai 547.072 Sambungan Rumah (SR) dengan cakupan layanan mencapai 95,48% dari total penduduk Kota Surabaya. “Sampai akhir Desember ini kita targetkan pelanggan bisa terealisasi 550.000 SR,” katanya.

Untuk proyeksi bisnis tahun 2017, menurut Iqbal, PDAM Surya Sembada memperkirakan pendapatan naik 5% seiring dengan meningkatkatnya jumlah pelanggan dalam pemerataan akses air bersih. Sesuai program Pemkot Surabaya 100% warga harus teraliri air bersih. Maka, perusahaan air minum milik Pemkot Surabaya ini terus melakukan ekspansi pipanisasi ke seluruh kampung – kampung yang belum teraliri air dari PDAM.

“Hanya saja untuk ekspansi pipa air masih terkendala lahan pemukiman yang ditempati warga, terutama yang tinggal di bantaran-bantaran kali. Namun, perlahan kita pastikan di tahun depan aliran PDAM sudah merata di seluruh rumah warga Kota Surabaya,” kata Iqbal.

Soal tarif, Igbal memprediksi ada kenaikan tahun depan. “Memang di tahun 2017 berencana menaikan tarif air PDAM. Karena selama 11 tahun, sejak tahun 2006, tarif air PDAM tak pernah naik. Padahal, biaya operasional dari tahun ke tahun mengalami peningkatan,” tandasnya.

Selain menaikan tarif, pihaknya juga akan menambah pemasangan Master Meter, program sambungan air berbasis komunitas melalui satu meter induk dengan target terpasang 50 master meter di tahun 2017.xco