, ,

Duta Besar India Hadiri Perayaan Kemerdekaan India di Sekolah SNA

Sidoarjo, areknews – Situasi pandemi yang belum berakhir tidak menyurutkan semangat para
murid berkewarganegaraan India yang bersekolah di Singapore National Academy (SNA) untuk
merayakan hari kemerdekaan India yang ke-75. Dilangsungkan secara virtual, acara ini diikuti oleh
lebih dari 40 murid, guru, karyawan SNA, serta Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Khumar Barti dan istrinya. Perayaan yang diadakan pada hari Minggu, 15 Agustus 2021 ini berjalan dengan
khidmat dan semarak.

Acara dibuka pada pukul 15.00 dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya, dan lagu kebangsaan India, Jana Gana Mana, oleh semua peserta. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Peter Araman dan Helen Rivera selaku Academic Advisors Sekolah SNA.

Dalam kesempatan tersebut, Peter menekankan bahwa komunitas India telah menjadi salah satu mitra terkuat SNA selama bertahun-tahun dan beliau berharap kerja sama ini akan terus berlangsung.

Sementara Helen memberi apresiasi kepada para guru yang telah mengorganisir tahunan tersebut.
“Terimakasih kepada semua pihak yang telah mempersiapkan dan mendukung acara ini. Semoga ditengah pandemi ini, kita selalu menemukan cara untuk membuat hidup kita lebih ringan dan menyenangkan.” tuturnya lebih lanjut.

Dalam sambutannya, Manoj berpesan untuk warga India yang tinggal di Indonesia untuk memahami
negara dimana mereka tinggal serta mengingatkan bagaimana kedua negara, Indonesia dan India,
penting satu sama lain.

“Ada satu frasa dalam bahasa Sanskerta yang sangat penting, yang jika diartikan mempunyai arti bahwa buah pikiran dari orang dengan pemikiran sempit adalah ini milikku dan itu milikmu.

Sementara mereka dengan perspektif lebih luas menganggap seluruh dunia sebagai satu keluarga. Hendaklah kita senantiasa mengingat bahwa setiap orang di dunia ini terhubung satu
sama lain.” pungkasnya.

Menambah kemeriahan perayaan, para murid PAUD hingga SD menyuguhkan berbagai penampilan. Dengan mengenakan kostum tradisional India, mereka membaca Sloka, bernyanyi, menari, serta menunjukkan kepiawaian dalam bermain berbagai alat musik.

Dalam perayaan itu diumumkan juga para pemenang Lomba Puisi dan Pidato yang telah diselenggarakan pada tanggal 31 Juli 2021.
“Tema yang kami angkat untuk Lomba Puisi dan Pidato adalah ‘Patriotik’, karena ini termasuk dalam rangkaian acara Perayaan Hari Kemerdekaan India pada tanggal 15 Agustus. Ini adalah acara tahunan. Untuk tahun lalu kami mengadakan Lomba Menggambar sebelum perayaan kemerdekaan.” jelas Vaibhavi Namdeo, guru agama Hindu dan bahasa Hindi SNA, sekaligus koordinator perayaan.

Perayaan ditutup dengan Kahoot Game yang dipandu oleh Vaibhavi. Para murid dengan antusias menjawab pertanyaan mengenai sejarah serta pengetahuan umum tentang India.

Sebanyak sepuluh pertanyaan diberikan, hingga akhirnya keluarlah beberapa nama murid dengan skor tertinggi.

Meskipun tidak semua murid bisa menjawab dengan benar, semua menikmati dan mengikuti hingga akhir.xco 

Berikut Rangkaian Foto Kegiatan :

IMG-20210816-WA0060

IMG-20210816-WA0063

IMG-20210816-WA0061