, ,

Hafal Al-Qur’an, Puluhan Santri Gelar Safari Dakwah

Sidoarjo, areknews – Puluhan santri dari pondok pesantren sabilul ulum wonoayu Sidoarjo ini , memimpin salah satu jam’iyah warga nahdliyin , di desa kemiri, kota Sidoarjo, dalam rangka safari dakwah. Para santri mempimpin doa, sekaligus membaca yasin,tahlil ,dan istighosah, setelah menghafal tiga puluh juz kitab suci Al-Quran.

Kegiatan ini, salah satunya untuk melatih para santri dalam menghadapi kehidupan di masyarakat, melalui dakwah. Langkah ini dinilai sangat efektif, lantaran saat ini generasi muda dituntut untuk bisa menjadi pemimpin di daerah.

Dari bekal ilmu di pondok pesantren , para santri pondok pesantren sabilul ulum wonoayu, akhirnya melakukan aksi turun gunung, untuk melakukan safari dakwah di sejumlah daerah Sidoarjo, diantaranya kota Sidoarjo,balong bendo,taman,sukodono, dan di diluar Sidoarjo, seperti Gresik.

” Agar bisa menerapkan dalam masyarakat seperti memimpin doa / tahlil, “ujar Nuraziyah, santri penghafal Al-Quran.

Sementara itu, menurut kepala sekolah madrasah tsanawiyah insan kamil dari yayasan pondok pesantren sabilul ulum, abdul jalil, kegiatan ini adalah program safari dakwah, yang bertujuan agar para santri bisa mandiri dalam mempimpin doa bersama. Selain itu, kegiatan tahlil dan istighosah ini , diharapkan bermanfaat untuk masyarakat, khususnya warga nahdliyin.novem-pimpin-santri

” Siswa diajarkan supaya bisa mandiri dan dapat bermanfaat bagi orang lain,” terang Abdul Jalil, kepala sekolah MTS Insan Kamil.

Selain itu, para santri juga mensosialisasikan lagu wajib hari santri nasional , yang berjudul subanul wathon , kepada jam’iyah warga nahdliyin. Pengenalan lagu subanul wathon ini, agar warga nahdliyin mengetahui , bahwa pada tanggal 22 oktober merupakan hari santri nasional ,yang diperingati di seluruh tanah air.(ham/ad/novem)