,

Aklamasi, Pastikan Ratih Pimpin Demokrat Surabaya

Surabaya, areknews – Wakil ketua DPRD Surabaya Dr. Ratih Retnowati, M.Si akhirnya terpilih secara aklamasi sebagai ketua DPC Partai Demokrat Surabaya periode 2017 – 2022, dalam musyawarah cabang (Muscab) III DPC yang digelar di Asrama Haji Sukolilo Surabaya.

Tidak ada kejutan yang berarti di arena Muscab dan sesuai prediksi sebelumnya, Ratih yang telah mengantongi 21 suara akan ‘landing’ dengan sempurna dalam perebutan kursi ketua DPC partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono ini.

Dengan mengantongi 21 suara kader Demokrat yang duduk dilembaga Legislatif ini, telah memenuhi persyaratan sebagaimana yang diatur dalam tata tertib muscab III pasal 25 ayat 10. Dimana, setiap bakal calon ketua DPC harus terlebih dahulu mendapatkan sekurang – kurangnya 30 persen dukungan dari jumlah pemegang hak suara yang diperebutkan.

Anggota sidang sementara dari unsur DPC Demokrat H. Junaedi, SE membenarkan, jika dalam proses pemilihan calon ketua hanya satu orang yang memenuhi persyaratan sesuai tatib sehingga terpilih secara aklamasi. “Sebagaimana yang diatur dalam tatib calon ketua minimal memperoleh dukungan 30 persen dari jumlah suara yang diperebutkan,” ujarnya, Minggu (9/4).

Selanjutnya akan dilakukan pemilihan tim formatur untuk menyusun komposisi kepengurusan DPC Partai Demokrat masa bakti 2017 – 2022. Untuk tim formatur beranggotakan sembilan orang yang mewakili dari unsur DPP, DPD, DPC Demisioner masing – masing satu orang. Ditambah ketua terpilih dan lima orang perwakilan dari semua daerah pemilihan (Dapil) yang dipilih secara proporsional.

“Dengan terpilihnya Ratih Retnowati secara aklamasi, seluruh proses demokrasi dalam Muscab III DPC Partai Demokrat sudah selesai. Selanjutnya akan berkonsentrasi bekerja dan membesarkan partai untuk mencapai tujuan dan cita – cita dalam mensejahterakan masyarakat,” pungkasnya.xco