,

Luncurkan Gapura Digital dan Google Bisnisku, Cara Google Bantu UKM Indonesia

Jakarta, areknews – Gapura Digital di 10 kota dan fitur Google Bisnisku resmi diluncurkan oleh Google Indonesia di Jakarta, sebuah program training yang ditujukan bagi para pemilik usaha kecil dan menengah UKM. Sejak peluncurannya di tahun 2014, Gapura telah menjangkau 7.000 UKM di 6 kota di Indonesia sebagai usaha untuk membantu para pemilik UKM memperkenalkan merk mereka di internet, dan memberikan rips untuk maksimalkan internet dalam mengembangkan usaha mereka.

“Google berkomitmen dalam membantu UKM untuk membawa usaha mereka ke ranah digital dan membantu Indonesia untuk menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara,” ujar Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia, Senin (15/5).

Menurutnya, lebih dari 100 juta masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk mencari informasi serta menemukan produk dan tempat-tempat baru. Sebuah riset dari Deloitte Access Economics menunjukkan bahwa para pemilik UKM Indonesia yang memanfaatkan internet dalam memasarkan bisnis mereka mendapatkan sampai dengan 80% peningkatan pendapatan.

“Kami telah mendukung lebih dari 700.000 bisnis online dan melalui Gapura Digital, kami akan membantu lebih banyak lagi masyarakat Indonesia untuk mengembangkan bisnis mereka dengan memanfaatkan kemampuan internet,” tambahnya.

Sementara itu, Veronica Utami, head of Marketing Google Indonesia mengungkapkan, selain Gapura Digital, Google juga mengumumkan sebuah layanan situs web gratis dari Google Bisnisku yang diluncurkan untuk pertama kalinya di Indonesia. Dalam situs ini para pemilik bisnis utamanya UKM, bisa mendaftarkan bisnis mereka dan mencantumkan informasi lebih banyak tentang bisnisnya seperti informasi lokasi toko, cara membuat janji, memesan meja, atau mendaftar untuk menerima newsletter.

“Jadi, pada dasarnya kita buka dua hal yang pertama program Gapura Digital dimana UKM di 10 kota termasuk Surabaya, bisa mengikuti kelas pelatihan untuk membantu mereka belajar bagaimana caranya go-online, kedua meluncurkan fitur baru didalam aplikasi Google Bisnisku,” terangnya.

Dengan menggunakan fitur ini, kata Veronika, para pelaku UKM bisa dengan mudah membuat website hanya memakan waktu 10 menit dengan langkah sederhana, mereka sudah memiliki website yang kredibel dan gratis untuk memasarkan produk mereka.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengapresiasi langkah Google untuk membantu UKM di Indonesia. Menurutnya, lebih dari 55 juta UKM berkontribusi terhadap 60% GDP dan hampir 97% lapangan kerja di Indonesia, sektor perekonomian ini jelas memiliki potensi yang besar. Karena itu, pihaknya berharap program Gapura Digital dan Google Bisnisku dapat membantu dan mempercepat peningkatan ekonomi Indonesia dengan cara memastikan para pemilik UKM memiliki kesiapan untuk berkembang dilingkungan bisnis yang semakin mengarah ke dunia digital.xco