, ,

Percasi Surabaya Minta Dispora All Out Dukung Atlet Daerah

Surabaya, areknews – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Surabaya berharap Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya All Out mendukung atlet daerah berpotensi. Dengan dukungan penuh tersebut, dipastikan mampu mengangkat prestasi atlet cabang olahraga catur kearah yang lebih baik lagi. Dukungan yang dilakukan oleh Dispora Kota Surabaya tentunya yang sangat urgent adalah dukungan financial untuk pembinaan atlet catur.

Ketua Umum Percasi Kota Surabaya, H. Budi Leksono, SH mengatakan, jika minim dukungan dari Dispora Surabaya untuk para atlet catur tentunya tidak mungkin para atlet bisa mencapai puncak prestasi. “Meskipun selama ini atlet catur Surabaya sering meraih juara dan memiliki sederet prestasi, baik ditingkat provinsi maupun tingkat nasional. Namun, sekali lagi dukungan dana dari Dispora sangat lah penting,” ujarnya kepada wartawan di gedung DPRD Kota Surabaya, Selasa (23/5).

Ia menjelaskan, pada akhir pekan lalu (20/05/17) Percasi Kota Surabaya memberangkatkan atlet catur ke Jember dalam ajang Kejurprov atau Kejuaran Provinsi, namun karena niat kita untuk menjadi juara dan dapat berprestasi di Kejurprov ya tetap kami berangkatkan, meski terbentur tidak ada dana. Lebih lanjut Ia menjelaskan, atlet catur Kota Surabaya dituntut untuk berprestasi dan itu sudah dibuktikan di Percasi. Bahkan sampai saat, kata Budi Leksono, atlet catur Kota Surabaya ini menjadi barometer para atlet catur se-Jawa Timur.

“Dengan sederet prestasi tersebut harusnya Dispora Surabaya benar-benar peduli terhadap para atlet catur dengan memberikan dukungan penuh pendanaan pembinaan para atlet.” tegasnya. Budi Leksono menambahkan, Dispora maupun Pemkot Surabaya harusnya bisa bekerjasama dengan stekholder lainnya sehingga bisa mencari bapak angkat dalam hal pendanaan para atlet catur. “Ini jika memang Dispora minim anggaran loh ya, kan banyak peluang lain yang bisa diberdayakan untuk membantu para atlet kita,” terangnya.

Dispora Surabaya, tambah Budi, harus dapat meringankan dan membantu Percasi Kota Surabaya dalam upaya meringankan pembiayaan Percasi maupun para orang tua para atlet seperti misalnya, dukungan dana untuk penginapan, logistik selama berlangsung kejuaraan, dan transportasi. “Ya jangan Percasi semua lah, tapi ada dukungan dana dari pihak lainnya dalam hal ini Pemkot Surabaya atau Dispora Surabaya. Jangan sampai atlet catur kita hilang kepercayaan karena tidak ada dukungan secara penuh dari Pemkot maupun Dispora Kota Surabaya,” ungkapnya.xco