,

Aspek Managerial Rendah, Seleksi Dirut PD Pasar Diulang

PDPS : Kantor PDPS yang saat ini tengah melakukan seleksi calon direksi.ist
PDPS : Kantor PDPS yang saat ini tengah melakukan seleksi calon direksi.ist

Surabaya, areknews – Pemerintah kota Surabaya akhirnya membatalkan recruitmen Dirut dan direktur administrasi keuangan PD Pasar Surya. Lima calon yang diajukan diduga belum memenuhi syarat dari aspek managerial sehingga proses recruitment akan kembali diulang.

Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Surabaya Khalid membenarkan adanya pembatalan atas recrutiment dirut dan direktur administrasi keuangan PD Pasar Surya yang menjadi kewenangan dari wali kota tersebut. “Awal minggu depan kita akan koordinasi dengan tim ahli untuk membahas tentang langkah selanjutnya yaitu rekrutimen ulang,” ujarnya, Jumat (4/8).

Ia menyebutkan dari segi penyelenggaraan rekruitmen tidak ada yang salah. Begitu juga panitia seleksinya seperti badan pengawas dan tim penguji. Namun, yang berpengaruh adalah aspek tolok ukur dari seleksi. “Bukan penyeleksinya yang bermasalah. Tapi memang ada standar yang harus dipenuhi. Dan ternyata calon kemarin tidak ada yang memenuhi. Aspek manegerialnya dimungkinkan memang rendah,” katanya

Artinya, menurut Khalid, sistem perekrutan sudah bagus. Kualitas pelamarnya yang nanti akan menentukan hasilnya berkualitas dan memenuhi standar atau tidak. Lebih lanjut ia memastikan bahwa proses recruitmen akan dilakukan secepatnya. Dan anggaran akan disiapkan Pemkot dengan dimasukkan dalam pembahasan perubahan keuangan APBD 2017 yang akan berlangsung bulan depan.

“Anggaran akan kita sediakan. Kalau yang kemarin sekitar Rp 200 juta. Ya kemungkinan tidak jauh dari itu,” katanya. Ada kemungkinan anggaran recruitmen itu akan naik. Namun, akan disesuaikan dengan keefektifan dan efisiensi penggunaan anggarannya. “Yang jelas prosesnya akan sama seperti sebelumnya. Sebab tidak bisa dilakukan penunjukan langsung oleh wali kota lantaran akan menyalahi peraturan daerah,” kata Khalid.

Sampai adanya dirut baru, maka pelaksana tugas dirut akan tetap dijabat oleh Bambang Parikesit. Sebab sesuai surat keputusan, ia dilantik sebagai pelaksana tugas sampai adanya dirut defenitif. Saat ini Bambang Parikesit sudah menjabat sebagai pelaksana tugas dirut selama dua tahun. “Prinsipnya rekruitmen ulang akan dilakukan secepatnya. Sebab kalau terlalu lama juga akan mengganggu. Terlebih PD Pasar Surya ini kan melayani pedagang begitu banyak,” pungkasnya.

Calon Dirut Kecewa

Adanya pembatalan hasil rekruitmen Dirut Perusahaan Daerah Pasar Surya oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini cukup membuat kecewa. Terutama kelima calon yang terpilih sampai tahap akhir. M Sunar, salah satunya. Ini merupakan kali kedua ia merasakan rekruitmen PD Pasar Surya yang ia itu. Tahun 2015 lalu, ia juga mengikuti seleksi yang sama. Namun, saat akan masuk ke fit and proper test, rekruitmen dibatalkan.

“Nggak sekaget yang pertama dulu. Kalau sekarang dibatalkan, ya saya menerima saja, nggak ada kecewa lah, malah tambah ilmu,” ucap praktisi di dunia konstruksi ini, Jumat (4/8). Ia menyebut dalam proses rekruitmen kali ini ia mengaku sudah mengikuti secara profesional. Syarat yang diminta oleh penyelenggara recruitment sudah diikuti. penilaian tersebut.

“Kami kurang paham itu, secara pribadi apapun yang membuat tidak puas. Kecuali ada di pernilaian memang ada prosentasi seberapa, kita tidak tahu,” ucapnya. Terlebih hinggga kini belum ada pemberitahuan resmi dari Bawas. Meski dua kali dibatalkan, Sunar mengaku akan mengaku akan ikut rekrutmen lagi. Ia mengaku tidak kapok. Meski harus mengorbankan waktu pikiran dan tenaga. “Insyallah akan ikut lagi. Untuk membangun pasar Surabaya, dan saya merasa ilmu saya akan bermanfaat untuk Surabaya,” katanya.

Harus Dihormati

Anggota DPRD Komisi B Achmad Zakaria mengatakan keputusan pembatalan ini harus dihormati oleh semua pihak. Ini lantaran hak prerogatif wali kota memang membolehkan untuk pengambilan keputusan tersebut. “Namun sebagai fungsi pengawasan, kami minta badan pengawas untuk segera mengadakan recruitment ulang. Agar tidak terkatung – katung lebih lama,” ucap politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Ia juga mendesak Bawas untuk segera mengajukan anggaran dalam rencana keuangan anggaran perusahaan. Lantaran anggaran keuangan PD Pasar Surya tidak bergantung pada APBD. “Bisa diajukan bulan depan atau bulan ini. Karena lepas dari APBD,” ucapnya.
Namun ia juga berpesan agar tim penyeleksi untuk serius. Tidak baik jika perusahaan dikatung lebih dari dua tahun tanpa direktur definitif.xco