,

Tanamkan Jiwa Patriotisme Siswa, Diknas Hadirkan Veteran Perang Masuk Sekolah

Surabaya, areknews – Upaya Dinas pendidikan kota Surabaya menanamkan nilai patriotisme bagi siswa sekolah dasar terus dilakukan, dengan mendatangkan para veteran perang kemerdekaan untuk berbagi pengalamannya mengusir penjajah dari bumi Indonesia ke sejumlah sekolah.

Seperti yang dilakukan oleh sejumlah veteran perang kemerdekaan saat menceritakan kisah perjuangan kepada siswa SDN Kedungdoro 5, Surabaya, Kamis siang (10/8). “Anak-anak begitu antusias dan senang mendengarkam cerita eyang veteran perang kemerdekaan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, M Ikhsan.

Dikatakan Ikhsan, agenda mendatangkan para veteran perang ini, guna menanamkan pada anak-anak didik tentang nilai-nilai patriotisme serta menumbuhkan rasa hormat pada jasa para pejuang dalam merebut kemerdekaan. “Perlunya secara dini menanamkan nilai-nilai patriotisme sejak bangku sekolah dasar kita pupuk,” terangnya.

Sehingga lanjut dia,diharapkan anak-anak didik yang masih duduk dibangku sekolah dasar dapat menghormati perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Agenda ini sengaja dipilih menjelang perayaan hari kemerdekaan RI ke 72 tahun, dengan mendatangkan pelaku sejarah yakni para veteran perang kemerdekaan.

“Semoga agenda ini bisa memberikan manfaat yang berarti bagi anak-anak kita. Dan kita akan agendakan setiap tahun, kalau bisa datangkan para veteran perang untuk bercerita pengalamannya mengusir penjajah dari bumi pertiwi ini,” pungkasnya.xco