,

Angin Puting Beliung ‘Hantam’ Desa Kajeksan, Puluhan Rumah Rusak

Sidoarjo, areknews – Sebanyak 70 lebih rumah di Desa Kajeksan RT 3 RW 1 rusak dihantam angin puting beliung. Angin yang bertiup tidak lebih dari 5 menit tersebut juga menyapu empat Desa lain di Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, Senin (19/11).

Menurut keterangan dari Kepala Desa Kajeksan Lilik Sufiyati, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Menurutnya, hasil hitungan sementara, ada lebih dari 465 rumah warga rusak terimbas angin puting beliung tersebut.

“Kebetulan warga saya menjadi korban terbanyak pasca terjadi angin puting beliung. Hasil perhitungan sementara, ada 465 rumahwarga,” terangnya saat dilokasi.

Pasca kejadian ini, pihaknya berjanji bakal megupayakan bantuan untuk warga kepada pihak Pemkab Sidoarjo. “Saat ini kami sedang lakukan inventarisir terkait kerusakan pasca kejadian angin puting beliuang ini. Bentuk sumbangan nantinya tergantung bentuk kerusakannya. Apakah dalam kategori rusak berat, sedang atau ringan,” tambahnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Camat Tulangan Abdul Wahib menyatakan, kejadian seperti ini baru terjadi di wilayah yang dipimpinnya. Pihaknya berharap, pemerintah kabupaten Sidoarjo dengan cepat dan tanggap untuk membantu para korban agar usai pihaknya melakukan inventarisir terkait jumlah data korban.

“Saya harap Pemkab cepat dan tanggap dalam memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang rumahnya rusak terkena angin puting beliung,” beber Wahib. Disisi lain, Kapolresta Sidoarjo usai melakukan pengamanan kedatangan Presiden RI Joko Widodo langsung melakukan kunjungan ke salah satu rumah warga di Desa Kejaksen.

Disana, Kapolresta beserta jajaran dan dibantu 60 personil gabungan Polresta Sidoarjo mendapati rumah yang pada bagian depan roboh. Atapnya pun sebagian ikut teraangkat dan terbang. Tidak hanya itu, bantuan tenaga juga diberikan. Personil Sat Sabhara Polresta nampak bergotong-royong membersihkan puing-puing rumah warga yang terimbas.

Sejumlah makanan instan juga diberikan. Upaya ini untuk membantu sementara para korban yang membutuhkan. “Untuk sementara, bantuan berupa mie instan dan sembako kami berikan. Bantuan selanjutnya akan kami salurkan lewat perangkat Desa,” terang alumni sekolah Akpol tahun 1997 tersebut.

Pihaknya juga menghimbau kepada warga Sidoarjo agar selalu berhati-hati dan waspada. Dari informasi yang dihimpun, sebelum datangnya angin puting beliung, air hujan jatuh di 5 Desa di Kecamatan Tulangan diantaranya Desa Kajeksan, Desa Singopadu, Desa Kemantren, Telaseh, dan Punten.

Hasil pantauan, dalam peristiwa tersebut, mayoritas angin merusak atap rumah warga. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Tidak hanya 5 Desa di Tulangan, angin puting beliung juga menghantam Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo.dan ada satu korban jiwa yang meninggal.vem

Galeri Foto Kegiatan Polresta Sidoarjo

IMG-20181120-WA0011

IMG-20181120-WA0010