, ,

UNIDA Gontor, Bank Indonesia dan Badan Wakaf Indonesia Luncurkan Gerakan Sadar Wakaf (GISWAF)

Surabaya, areknews – Bank Indonesia bekerjasama dengan UNIDA Gontor dan Badan Wakaf Indonesia Provinsi Jawa Timur meluncurkan Gerakan Sadar Wakaf (GISWAF) di Masjid Al Akbar, Surabaya, Senin (10/12). Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan Indonesia Shari’a Economic Festival (ISEF) 2018 yang dilaksanakan pada tanggal 11 s.d. 15 Desember 2018 di Grand City Convention and Exhibition Surabaya.

GISWAF adalah program edukasi wakaf yang diprakarsai oleh UNIDA Gontor, Bank Indonesia dan Badan Wakaf Indonesia. Program ini berupa roadshow atau safari nasional 3 (tiga) bulan sekali ke masing-masing provinsi di Indonesia dengan menggandeng elemen lembaga terkait. “GISWAF telah memiliki program lanjutan yang sistematis, terarah dan terukur. Harapannya, program ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih mendalam kepada masyarakat terkait wakaf,” jelas KH. Syamsul Hadi Abdan, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor. GISWAF lahir dari semangat untuk memanfaatkan potensi ekonomi umat Islam di Indonesia yang besar.

“Kami ingin mengubah mindset masyarakat bahwa wakaf tidak hanya sekadar tanah atau masjid, namun juga bisa wakaf uang. Wakaf uang ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pemberdayaan sosial masyarakat yang diambilkan dari pengembangan wakaf,” tambah Hamid Fahmi Zarkasyi, Wakil Rektor 1 UNIDA Gontor. Hal tersebut diamini pula oleh Faisal Haq, Ketua Badan Wakaf Indonesia Provinsi Jawa Timur. “Wakaf pertama kali dalam Islam adalah wakaf uang yang saat itu langsung dapat dimanafaatkan untuk pembangunan masjid. Pada masa sekarang, kami berharap dapat mendorong jumlah wakaf uang ini,” jelasnya.

ISEF 2018 Upaya Meningkatkan Jumlah dan Kemampuan Nadzir

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur Difi A. Johansyah. Ist
Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur Difi A. Johansyah. Ist

Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur Difi A. Johansyah mengatakan, terdapat 2 (dua) permasalahan yang ditemui dalam pengelolaan wakaf di Indonesia. Pertama, badan nadzir (pengelola wakaf) yang mengelola wakaf berlum terhubung satu sama lain. Kedua, keterbatasan jumlah SDM nadzir yang profesional. “Supaya dana wakaf ini dapat dikelola menjadi aset produktif, dibutuhkan SDM yang memiliki kemampuan asset management secara syariah,” tuturnya.

Dalam rangka meningkatkan jumlah dan kemampuan nadzir, pada perhelatan ISEF 2018, Bank Indonesia bekerjasama dengan Badan Wakaf Indonesia Provinsi Jawa Timur membuka pendaftaran untuk sertifikasi nadzir. “Di ISEF besok, masyarakat yang ingin menjadi nadzir, dapat mendaftarkan diri di booth Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Timur. Kami dan BWI akan memproses pendaftaran tersebut di tahun depan,” terangnya.

Sementara itu, Direktur Pembedayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Republik Indonesia M. Fuad Nasar mengakui, upaya BI, BWI dan UNIDA Gontor ini mendapat dukungan sepenuhnya dari Kementerian Agama. “Kementerian Agama saat ini terus memacu sektor sosial melalui penguatan zakat dan wakaf. Dengan adanya program seperti ini, kami sangat terbantu terlebih dengan adanya materi wakaf dalam kurikulum sehingga dapat membuka cakrawala generasi muda masa kini,” tutup M. Fuad Nasar.xco