, ,

Jelang Natal dan Tahun Baru 2019, Penumpang di Juanda Diprediksi Naik Hingga 9 Persen

Sidoarjo, areknews – Bandar Udara Internasional Juanda Perkirakan adanya kenaikan pergerakan penumpang maupun pesawat saat libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Kenaikan pergerakan pesawat mencapai 7 persen dan penumpang sebesar 9 persen. “Dibandingkan dengan masa Nataru tahun lalu, kami prediksi tahun ini pergerakan pesawat tumbuh 7 persen dan penumpang sebesar 9 persen,” ungkap Yuristho Humas Angkasa Pura 1.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dari tahun ke tahun, pihaknya juga telah menerima usulan penerbangan tambahan dari lima maskapai domestik, yaitu Sriwijaya Air, Citilink, Nam Air, Garuda dan Lion Air dengan tujuan Denpasar dan Lombok. “Ada 45.360 kursi tambahan atau 244 penerbangan tambahan, baik kedatangan dan keberangkatan dari Bandara Internasional Juanda, mulai dari tanggal 20 Desember sampai dengan 6 Januari,” ujar Yuristho.

Pihak Juanda sendiri juga telah mendirikan dua lokasi posko terpadu selama libur Natal dan Tahun Baru,yang baru saja dibuka mulai hari ini. baik di Terminal 1 maupun 2. Posko akan beroperasi selama 24 jam guna mendukung kelancaran arus mudik selama libur akhir tahun tersebut. Seluruh personil dan fasilitas di Bandar Udara Internasional Juanda siap dan disiagakan selama 24 jam pada tanggal tersebut.

Perkirakan puncak arus mudik penumpang akan terjadi pada hari Sabtu tanggal 22 Desember 2018. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada hari Kamis, 3 Januari 2019. Yurishto, juga menghimbau kepada para penumpang agar lebih memperhatikan jam penerbangan serta harus lebih datang 1/2 jam sebelum pemberangkatan pesawat.jan