,

Soal Banjir, Ketua Dewan Minta Pemkot Prioritaskan Perencanaan dan Penanganan

Surabaya, areknews – Ketua DPRD Kota Surabaya Armuji mengkritisi kinerja Pemkot Surabaya atas masih terjadinya banjir di Kota Pahlawan. Khususnya setelah wilayah Surabaya Barat tergenang banjir saat musim hujan. Dikatakan Armuji dengan anggaran di bidang pematusan yang begitu besar setiap tahunnya untuk penanggulangan banjir, nyatanya masih banyak wilayah Surabaya yang masih tergenang.

“Wilayah Surabaya Barat ini masih langganan banjir setiap tahun saat hujan deras. Bahkan di Surabaya Utara juga masih banjir, lalu apa yang selama ini dikerjakan Pemkot khususnya Dinas PU Bina Marga dan Pematusan dengan anggaran Rp 400an miliar setiap tahun,” kata Armuji yang juga politisi PDIP ini.

Saat reses bertemu masyarakat, kata Armuji, warga Surabaya Utara dan Barat memang masih mengeluhkan adanya banjir maupun genangan. Bahkan, di wilayah Surabaya Utara yang kerap terkena banjir rob atau arus balik dari laut meski tidak sedang musim hujan.

Secara tegas Armuji meminta Pemkot melakukan evaluasi. Khususnya Dinas PU Bina Marga dan Pematusan dalam melakukan perencanaan prioritas penanggulangan wilayah banjir. Sehingga banjir tidak terulang dari tahun ke tahun. “Kalau ada laporan warga, saya sering laporkan by WhatsApp ke Wali Kota Risma. Namun tak digubris. Lalu setiap hearing juga kita sering undang Kepala Dinas PU Bina Marga juga sering tidak datang dan hanya diwakilkan, ini sangat mengecewakan,” katanya.

Padahal koordinasi bersama dengan DPRD dan mengomunikasikan masalah agar tercipta solusi juga penting fungsinya agar kinerja Pemkot tetap terkontrol. Oleh sebab itu dikatakan Armuji, di sisa pemerintahan Tri Rismaharini yang tinggal dua tahun ke depan ia ingin Pemkot Surabaya lebih responsif dan kooperatif. Toh, yang diinginkan DPRD Surabaya dan Pemkot Surabaya juga sama, yakni membuat kota lebih baik dan sejahtera.

“Tahun 2019 kami akan minta masterplan drainase penanggulangan Pemkot untuk disingkronkan dengan yang terjadi di lapangan. Agar tahun depan tidak terulang lagi ada mobil terbawa arus dan anak meninggal terpeleset dan hanyut hingga meninggal dunia,” kata Armuji.xco