,

Tanamkan Semangat Whole of Government Kepada Anggota TIMPORA Sidoarjo

Sidoarjo, areknews – Semangat integrasi upaya kolaborasi antar instansi pemerintan atau whole of government (WoG) terus digelorakan Kanwil Kemenkumham Jatim dan jajarannya. Termasuk dalam melakukan pengawasan terhadap orang asing. Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) Sidoarjo diharapkan bisa menyerap semangat tersebut.

Hal itu disampaikan Kadiv Keimigrasian Zakaria saat memberikan penguatan dalam rapat penguatan anggota TIMPORA Sidoarjo, Rabu (20/3). Menurutnya, saat ini masing – masing instansi memiliki keterbatasan dalam hal kewenangan. Sedangkan tantangan sudah semakin kompleks.

“TIMPORA ini tercipta bukan hanya koordinasi, namun kolaborasi yang harmonis antar instansi dalam mengatasi permasalahan orang asing dan upaya penanganannya,” terangnya. Zakaria berharap semoga kerjasama dan peran serta yang sudah baik, bisa semakin meningkat dan kegiatan TIMPORA Sidoarjo bisa berjalan semakin baik dan lancar.

Zakaria menuturkan forum ini tidak hanya dapat digunakan sebagai wadah tukar menukar informasi. Namun juga dapat dijadikan wadah untuk membahas segala permasalahan yang berkaitan dengan orang asing. “Khususnya yang terjadi di wilayah Kabupaten Sidoarjo,” jelasnya.

Sebelumnya, Kakanim Kelas I Khusus Surabaya Barlian menyebutkan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini. Yaitu untuk kelancaran pelaksanaan giat pengawasan orang asing. Serta meningkatkan peran aktif tim dalam melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di Sidoarjo.

“Pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing sangat diperlukan guna mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban,” jelasnya. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Luminor Sidoarjo itu dihadiri seluruh anggota TIMPORA Sidoarjo dari berbagai instansi. Pemateri dalam kegiatan ini berasal dari Polres dan Dispenduk capil Sidoarjo serta Kanwil Kemenkumham Jatim.xco