,

Majukan Dunia Pendidikan Jatim, UINSA Anugrahkan Doktor HC pada Soekarwo

Surabaya, areknews – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya memberikan gelar doktor honoris causa kepada Dr. H. Soekarwo, SH., M. Hum atau yang akrab disapa Pakde Karwo di bidang ilmu pendidikan islam di Gedung Sport Center and Multipurpose UINSA, Rabu (27/3). Pemberian gelar doktor kepada mantan Gubernur Jawa Timur itu, karena UINSA menilai Soekarwo telah banyak berjasa dalam mengakomodir pendidikan Islam di Jawa Timur.

Rektor UINSA, Prof. Masdar Hilmy, S.Ag., M.A, Ph.D membenarkan, pemberian gelar doktor kepada mantan Gubernur Jawa Timur itu atas dasar penilaian bahwa, yang bersangkutan telah banyak berjasa dalam mengakomodir pendidikan Islam di Jawa Timur. “Ini adalah momen of the truth, ini adalah otentik, kami insyaallah memberikan gelar ini semuanya tulus ikhlas kepada Pakde Karwo,” jelasnya saat memberikan sambutan.

Menurut Masdar, proses pemberian gelar doktor kepada Pakde Karwo telah melalui berbagai proses akademik yang telah lama dicanangkan. Bahkan rencana pemberian gelar doktor kepada Pakde telah dimulai pada saat kepemimpinan rektor UINSA sebelumnya. “Ini adalah satu proses yang lumayan panjang, tetapi akuntabel insyaallah, dapat dipertanggungjawabkan,” tuturnya.

Sementara itu, Pakde Karwo juga menyambut baik pemberian gelar doktor yang disematkan padanya. Ia mengaku senang, dan menyarankan pendidikan islam jangan sampai menggunakan sistem yang materialistis. “Saya senang karena ini bagian yang sebetulnya di dalam pendekatan pembangunan yang terlalu materialiatis itu sangat tidak bagus, semua kegagalan itu karena basisnya terlalu materialistis,” ujar Pakde Karwo.

Diketahui, Pakde Karwo mendapatkan gelar doktor honoris causa setelah menyampaikan pidato dengan judul ‘Rekonstruksi Pendidikan Diniyah Model Pendidikan Berbasis Spiritual’ yang disampaikan di sidang senat UINSA penganugerahan gelar doktor honoris causa.xco