, ,

Usai Lantik 180 Anggota KPU Kabupaten/Kota, KPU RI Minta Komisioner Jaga Profesionalitas

Surabaya, areknews – Menjaga profesionalisme KPU (Komisi Pemilihan Umum) dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pilkada serentak mendatang di tahun 2020 sangat penting. Prinsip transparasi, integritas dan kualitas harus menjadi pegangan komisioner KPU disemua tingkatan termasuk di Kota kabupaten.
“Ini yang selalu saya tekankan untuk Komisioner KPU yang ada disemua tingkatan. Dengan mengedepankan tiga hal tersebut maka diyakini kinerja Komisioner KPU akan sesuai dengan apa yang dikehendaki masyarakat sebagai penyelenggara pesta demokrasi yang profesional,” ujar ketua KPU RI Arif Budiman usai melantik180 Komisioner KPU 36 Kota/Kabupaten se Jatim, di Surabaya, Kamis (13/6).
Menurutnya, selain tiga hal tersebut, pihaknya juga meminta agar komisioner KPU juga mengedepankan kebersamaan dalam menjalankan roda organisiasi di KPU ini. Kolektif kolegial harus menjadi pegangan dalam menjalankan organisasi ini selama masa tugas komisioner selama lima tahun kedepan.
“Pengambilan keputusan harus diputuskan secara bersama. Ketua bukan menjadi penentu dalam sebuah keputusan. sehingga ini yang saya minta kepada semua komisoner KPU disemua tingkatan agar kebersamaan selalu dijaga,” tambahnya.
Sementara itu, ketika disinggung terkait persiapan komisioner yang baru dilantik menghadapi pilkada serentak 2020 khusunya di Jatim, Arif menilai, semua yang terlibat dalam pilkada serentak 2020 akan menunggu peraturan KPU yang saat ini masih disusun oleh KPU RI.
“Karena tahun 2020 pelaksanaan pilkada harinya serentak, kita masih menyusun tahapan yang akan dilakukan oleh mereka komisoner KPU Propinsi, Kota, Kabupaten. Kita menargetkan akhir Juni sampai bulan Juli aturan KPU terkait pilkada serentak 2020 akan selesai,” terangnya.
Namun, Arif Budiman menegaskan bahwa pada awal bulan September nanti akan dilauncing satu tahun menjelang pelaksanaan pilkada serentak 2020. “Kita berharap semua komisioner KPU Propinsi, Kota dan Kabupaten sudah mempersiapkan diri sejak awal. Sehingga ketika memasuki bulan September 2019 telah memiliki kesiapan yang matang,” pungkasnya.xco