, ,

Soal Mobil PCR Rampung, WS Ajak Semua Kalangan Fokus Tangani COVID-19

Surabaya, areknews – Persoalan bantuan mobil Laboratorium PCR dari BNPB masih manjadi perhatian serius sejumlah kalangan.

Bantuan 2 unit mobil PCR menjadi masalah lantaran terjadi saling klaim antara Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini bahkan sampai meluapkan kemarahanya melalui pesawat telepon saat konfirmasi soal bantuan tersebut yang diklaim bahwa bantuan untuk Pemkot Surabaya. Alasanya, Risma sendiri yang langsung meminta bantuan ke pusat.

Di sisi lain, Pemprov Jatim melalui BPBD Jatim dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim menegaskan bahwa bantuan disalurkan melalui Pemprov untuk digunakan di seluruh wilayah Jatim, bukan hanya Surabaya.

Merespon persoalan tersebut, Wakil Walikota Surabaya, Whisnu Sakti Buana menegaskan, polemik mobil PCR sudah kelar. Yang terpenting, kata dia, sekarang semua harus bekerja ekstra keras menekan penyebaran Covid-19 di Surabaya.

“Saya kira persoalan mobil sudah selesai, sekarang bagaimana kita sama-sama menekan persebaran covid-19 yang terus bertambah,” kata Whisnu yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya saat live di Kompas TV, Sabtu (30/5).

Menurutnya tidak ada yang perlu diperdebatkan lagi mengenai mobil PCR. Sebab, kata dia, semua bertujuan baik yakni sama-sama untuk kepentingan masyarakat.

“Tapi memang perlu koordinasi yang intens. Apa susahnya ketika mobil dalam perjalanan konfirmasi dulu ke Pemkot kalau akan dipakai di tempat lain, jangan mobil tiba-tiba dibelokkan,’ katanya.

Namun, kata dia, hal itu tidak perlu dibesar-besarkan. Sebab, ujarnya, saat ini pemerintah sedang berkejaran dengan persebaran virus.

“Kita fokus saja ke situ, kalau soal mobil sudah selesai, nanti saya usulkan ke Bu Wali (Tri Rismaharini,red) untuk beli sendiri, kita bisa kok ” katanya.

Dia menambahkan, senyampang masih dalam suasana lebaran (Idul Fitri) akan lebih baik kalau semua pihak menghentikan polemik dan fokus menangani corona.

” Kan tinggal ditanyakan ke BNPB kalau mobil itu untuk provinsi ya silakan digunakan, tapi kalau kok untuk Surabaya ya akan lebih baik provinsi minta maaf ke pemkot, selesai,” ujar dia.

Saat ini, lanjut dia, Pemkot Surabaya sedang fokus memberi pamahaman kepada masyarakat untuk bersama-sama bergotong-royong mencegah penyabaran Covid-19.

Adanya bantuan dari pihak Badan Intelijen Negara (BIN) untuk Pemkot Surabaya, jelasnya, akan dimaksimalkan untuk penanganan Covid-19. Termasuk unit mobil PCR yang bisa digunakan melakukan tes swab ribuan warga.xco