,

Komisi C DPRD Ingatkan Pemkot Antisipasi Banjir

Surabaya, areknews – Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Baktiono, mengingatkan Pemkot Surabaya untuk mengantisipasi datangnya musim hujan.

Antisipasi ini harus dilakukan sejak dini, agar kejadian banjir yang terjadi di Kota Surabaya pada beberapa tahun lalu tidak terulang.

Baktiono mengatakan, beberapa kejadian banjir di Kota Surabaya saat musim hujan tahun lalu. Karena, lambatnya dinas terkait membuka pintu air. Sehingga air menggenang di beberapa titik yang menyebabkan banjir.

“Jangan sampai saat hujan lebat, pompa air baru dihidupkan sehingga volume air tidak terbendung lagi, yang berdampak pada meluapnya air ke jalan dan rumah penduduk,” katanya.

Dijelaskan Baktiono, Pemkot Surabaya harus sigap sejak dini dalam mengantisipasi banjir. “Jangan sampai, banjir menggenangi rumah sakit. Seperti tahun lalu, ini sangat merugikan. Oleh karena itu harus diantisipasi sejak awal, jangan cuma keruk sungai ketika banjir,” tandasnya.

Terkait perbaikan, Baktiono mengungkapkan anggaran perbaikan saluran, box culvert, pengerukan sungai, trotoar itu sudah dianggarkan satu tahun bersih.

“Anggaran pemeliharaan infrastruktur jalan dan saluran sama sekali tidak dipotong, bahkan untuk penanganan COVID-19 pun. Jadi utuh, untuk itu Pemkot Surabaya agar terus melakukan antisipasi banjir ketika musim hujan datang,” pungkasnya.xco