, ,

BI Jatim Salurkan 20.500 Bibit Kopi kepada Petani Binaan di Wonosalam Jombang

Surabaya, areknews – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Timur memberikan bantuan bibit kopi sebanyak 14.500 jenis Arabika, 2.500 jenis Liberika dan 3.500 entres Robusta kepada petani binaan di Wonosalam, Jombang. Hal ini dilakukan sebagai upaya mengembangkan potensi lokal ekonomi warga.

Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim, Harmanta menjelaskan, BI Jatim melakukan pendampingan kepada para petani kopi di Jawa Timur, salah satunya di kawasan Wonosalam.

Ia mengatakan, para petani mendapatkan pendampingan mulai hulu hingga hilir soal penanaman kopi.

Bahkan, BI juga membantu dengan memberikan alat proses produksi dengan harapan kualitas kopi yang dihasilkan juga bisa maksimal.

“Pendampingan dari hulu hingga hilir mulai pembibitan yang bagus, pasca panen hingga packagingnya. Bantuan yang kita berikan macam-macam. Mulai sarana prasarana seperti alat mengupas kopi, menggiling, hingga kopi siap jual. Harapan kami tentunya kualitas kopi Wonosalam bisa ditingkatkan hingga standar ekspor. Karena jika bicara ekspor kita dituntut kualitas, kontinuitas, dan kapasitas,” jelas Harmanta, Sabtu, (28/11).

Ia melanjutkan, Wonosalam memiliki varietas kopi yang unik jenis Liberika. Dimana kopi ini hanya berkembang di Wonosalam.

“Kopi ini sudah jadi lifestyle dimana-mana. Liberika ini ditempat lain kurang bisa berkembang, disini berkembang bagus. Sehingga dia punya rasa yang khas. Kita bantu pembinaan mulai bibit yang bagus sehingga ada value added dari kopi bagi petani di Wonosalam,” ujarnya.

Di tengah Pandemi Covid-19 ini, BI mendorong agar produsen kopi bisa memanfaatkan teknologi digital dalam mendukung pemasarannya. “Kita pinginnya petani dan produsen kopi bisa naik kelas,” pungkas Harmanta.xco