,

Hobi yang Mendatangkan Rezeki, Rumah Bambu “Selasar” Wonosalam Jombang

Wonosalam Jombang, areknews – Udara yang sejuk, panorama alam hutan jati, kebun cengkeh dan kopi di ‘kaki’ pegunungan Ajasmoro menjadi daya tarik bagi warga untuk menghabiskan waktu luang.

Keindahan alami yang tak ternilai ini, rupanya tidak disia – siakan oleh pengelola rumah bambu Selasar Wonosalam Jombang untuk menarik pengunjung wisatawan lokal.

Rumah bambu yang dulunya hanya berfungsi sebagai tempat singgah sewaktu – waktu jika ingin berlibur bersama keluarga, saat ini mulai menampakan hasil yang cukup menjanjikan.

“Ya rumah bambu ini dulunya hanya satu bangunan saja untuk istirahat dan sholat. Tapi karena banyak yang datang maka bangunan pun ditambah dan dilengkapi dengan fasilitas lain,” ujar Khoiroh Azizah pemilik rumah bambu Selasar saat dikunjungi di Wonosalam Jombang.

Bangunan yang berada di lahan seluas 17 hektar ini dibeli 10 tahun silam dengan harga yang masih terjangkau. Selasar terdiri dari beberapa bagian bangunan. Bangunan  utama bernama Rumah Tawon berada di paling depan bersebelahan dengan tempat jamuan makan.

Bangunan ini memiliki teras yang cukup luas dengan dua lampu hias dipasang depan. Disamping kiri bangunan sengaja di parkir satu unit mobil jeep warna krem sebagai spot foto para pengunjung.

“Awal beli tanah ini sebenarnya tidak tau mau dijadikan apa, karena kami keluarga hobi offroad maka saya dirikan satu rumah bambu untuk istirahat,” kata Khoiroh.

Lama – lama banyak juga teman yang datang dan memberi masukan kalau satu bangunan tidak cukup untuk menampung para offroder, maka ditambah bangunan – bangunan lain.

“Kebetulan kami sekeluarga ini hobi offroad maka pelan – pelan bangunan dan fasilitas ditambah. Memang saat ini masih belum lengkap tapi secara bertahab akan dilengkapi,” tambahnya.

Saat ini sudah ada tiga bangunan utama dan dilengkapi dengan resto kecil untuk jamuan makan. Untuk menjaga agar bangunan dan fasilitas tetap terawat maka disiapkan pekerja yang stand by di lokasi.

“Dihari – hari biasa masih sepi, namun jika di waktu hari libur mulai rame. Selasar ini juga bisa di sewa untuk acara – acara sekolah, kampus ataupun liburan keluarga. Untuk melengkapi fasilitas rencanaya juga akan dibangun kolam renang,” terangnya.

Selain memiliki usaha rumah bambu Selasar, pengusaha perempuan yang murah senyum dan hobi offroad ini juga memiliki usaha lain di bidang pengolahan plywood dan beras.

“Untuk rumah bambu Selasar kami sewakan dengan harga yang terjangkau karena kami menyadari fasilitas yang ada masih belum lengkap. Tempat cocok untuk berlibur bersama keluarga diakhir pekan. Selain pemandangan panorama alam yang indah juga menyediakan fasilitas bagi yang hobi offroad,” pungkasnya.xco