,

Curah Hujan Tinggi, Komisi C Minta Dinas Terkait Antisipasi Genangan Air

Surabaya, areknews – Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya diminta bertindak cepat dan taktis untuk mengantisipasi terjadinya genangan seiring dengan intensitas hujan yang tinggi.

“Langkah cepat dan taktis saat ini sangat diperlukan. Karena banyak terjadi genangan yang sekarang muncul dijalan kecil seperti pemukiman perkampungan di Surabaya,” ujar anggota Komisi C DPRD Surabaya Bukhori Imron, Rabu (24/11).

Politisi Partai Persatuan Pembangunan tersebut menilai, genangan yang terjadi dipemukiman atau perkampungan, disebabkan akibat saluran yang kecil, dan masih banyak yang belum terintegrasi dengan saluran besar.

“Saluran kecil-kecil ini yang berpotensi terjadi penyumbatan dan ini jika terjadi genangan bisa langsung berdampak pada rumah-rumah warga,” terangnya.

Bukhori menambahkan, genangan yang terjadi berpotensi merusak kondisi jalan. “Jika tak cepat diatasi, kerusakan jalan akan menjadi masalah baru yang muncul nantinya,” jelasnya.

Bukhori mengakui, upaya yang dilakukan Pemkot Surabaya sudah optimal. “Sementara ini kami melihat upaya dinas PU Bina Marga dan Pematusan ini sudah optimal, namun tidak hanya berhenti disitu saja,” tambahnya.

Bukhori kembali mengatakan, Dinas PU Bina Marga dan Pematusan harus memaksimalkan berbagai alat kelengkapan yang dimiliki dan ber koordinasi dengan dinas terkait. Agar penanganan dampak tingginya intensitas hujan di Surabaya bisa diatasi secara maksimal.

“Pak Wali juga sudah sigap sering turun langsung, Dinas juga sudah banyak memiliki alat berat baik yang besar maupun yang kecil dan koordinasi yang baik dengan dinas terkait saya rasa Surabaya mampu untuk mengatasi hal itu,” pungkasnya.xco