,

BI Jatim Tutup Layanan Drive Thru Penukaran Uang 2023

Surabaya, areknews – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur resmi menutup layanan drive thru penukaran uang tahun 2023 pada hari ini (16/04/2023). Tercatat sebanyak 15.265 masyarakat Surabaya dan sekitarnya yang telah menukarkan uang melalui layanan ini.

“Sampai dengan minggu terakhir Ramadhan, BI Jatim telah melayani penukaran drive thru dengan nominal mencapai hampir 60 miliar Rupiah”, ungkap Bandoe Widiarto, Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim.

Layanan penukaran drive thru di akhir pekan, merupakan salah satu dari 3 (tiga) layanan kas yang diselenggarakan oleh BI Jatim. Inovasi layanan ini merupakan bentuk fasilitasi BI Jatim untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang tidak sempat melakukan penukaran uang di hari kerja.

“Melalui aplikasi PINTAR, penukaran drive thru berlangsung dengan tertib, kondusif, dan efektif. Terlebih layanan ini tidak hanya mengakomodasi penukaran dengan uang tunai saja, melainkan juga bisa dengan QRIS, sehingga transaksi masyarakat lebih praktis dan terjamin keamanannya”, lanjut Bandoe.

Turut hadir dalam rangkaian penutupan layanan drive thru BI Jatim, Anggota Komisi XI DPR RI, Indah Kurniawati, yang mengapresiasi terobosan kebijakan Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah dari Bank Indonesia.

“Dengan semangat membangun kedaulatan Sistem Pembayaran, baik tunai maupun non tunai, Bank Indonesia selalu hadir dengan berbagai inovasi yang tidak hanya aman, tetapi juga memudahkan dan membantu masyarakat untuk menghindari perilaku konsumtif,” jelas Indah Kurnia.

Lebih lanjut, dalam rangkaian kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023, BI Jatim juga telah melayani penukaran melalui kas keliling ziarah wali di area Makam Sunan Ampel, Surabaya (29 Maret 2023) dan Makam Sunan Giri dan Sunan Gresik (6 April 2023). Selain itu, BI Jatim dengan program Peduli Mudiknya juga melaksanakan layanan penukaran di Bandara Juanda dan rest area tol Mojokerto, Jombang, dan Sidoarjo.

BI Jatim juga menghimbau masyarakat agar bijak berbelanja, menggunakan uang sesuai kebutuhan, bukan keinginan. Selain itu, masyarakat juga disarankan untuk membawa uang tunai secukupnya saat mudik karena BI Jatim telah menyiapkan pemenuhan Uang Pecahan Besar guna kebutuhan ATM perbankan yang tersebar di Jawa Timur.

Selain menyiapkan layanan tunai, Bank Indonesia juga memastikan kelancaran sistem pembayaran non tunai yang Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal, seperti QRIS, BI-FAST, termasuk penyediaan sarana top up kartu Uang Elektronik di tol.xco