Berdayakan Masyarakat, KKN Unusa Resmikan Pondok UMKM Desa Tenaru

Peresmian : Heri Prasetyo, Kepada desa Tenaru (tengah) bersama Rizki Amalia, Sekretaris LPPM UNUSA (empat dari kiri) sedang memotong pita peresmian Pondok UMKM. Ist

Gresik, areknews – Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) kembali menunjukkan kontribusi nyata dalam pembangunan di daerah. Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tahun 2023 ini, UNUSA mendorong agar setiap desa di kabupaten Gresik menjadi Desa Mandiri. Hal ini disampaikan oleh Rizki Amalia, Sekretaris LPPM UNUSA saat peresmian Pondok UMKM di Desa Tenaru, Kamis (3/8).

Bertempat di Balai Desa Tenaru, Rizki Amalia menyatakan bahwa Unusa siap mendampingi pelaku UMKM di Desa Tenaru untuk ‘naik kelas’. “Insyaallah Unusa siap menjadi mitra strategis pelaku UMKM di Desa Tenaru. Kami bisa memberi pendampingan pengurusan merk, sertifikat produk halal, desain kemasan dan izin edar melalui Halal Center dan Inkubator Bisnis yang dimiliki oleh Unusa,” ungkap Rizki.

Pada saat yang sama Kepala Desa Tenaru, Heri Prasetyo menyatakan kebahagiaannya bahwa di Desa Tenaru sekarang sudah ada Pondok UMKM. “Saya sangat bangga dengan adik-adik mahasiswa, mereka semangat sekali menyiapkan pondok UMKM. Saya yakin dengan adanya program inovasi ini, UMKM yang ada di Desa Tenaru akan bisa naik kelas,” Jelas Heri.

Lebih lanjut Heri menjelaskan bahwa akan ada peningkatan kualitas dan kuantitas usaha bagi UMKM di Desa Tenaru. “yah, nanti akan ada perubahan, sebelum dan sesudah. Maksudnya sebelum masuk ke pondok UMKM bisa jadi produk nya masih belum memiliki label, kemasan, perizinan, dan pasarnya belum luas, maka setelah masuk pondok UMKM akan didampingi untuk memperluas pasar, kemasan dan perizinan” jelas Heri.

Dibantu Untuk Memperluas Pasar

Foto bersama mahasiswa KKN dengan perangkat desa di depan Pondok UMKM Tenaru.

Ditemui di sela-sela peresmian Pondok UMKM, ibu Fita pemilik usaha susu sari kedelai dan kacang hijau menyatakan kebahagiaannya dengan adanya Pondok UMKM yang diinisiasi oleh adik-adik Mahasiswa KKN Unusa kelompok 14 tahun 2023. “Saya sampek ndredeg ini, saking senengnya, saya berharap produk saya dibantu untuk memperluas pasar dan kalau ada bantuan modal, saya siap mengembangkan usaha saya,” tekat Fita.

Muhammad Maulidi Nasrullah mahasiswa prodi manajemen, selaku ketua pelaksana peresmian menjabarkan teknis pelaksanaan program inovasi Pondok UMKM Desa Tenaru. “Saya bersama teman-teman akan mencoba memberikan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM desa Tenaru. Ada banyak pelatihan baik yang manual maupun yang digital, misalnya e-commerce, medsos dan website” terang Maulidi.

Lebih lanjut Maulidi menjelaskan terkait sinergi dan Kolaborasi mahasiswa dengan BUMDES Sejahtera Mandiri Desa Tenaru. “Alhamdulillah, kemarin kami sudah bersepakat dengan pak Khadafi, direktur BUMDES. Beliau sangat mendukung inovasi Pondok UMKM desa Tenaru. Bahkan sudah ada komitmen dengan pak direktur BUMDES, nanti produk-produk hasil pondok UMKM akan dibantu pemasaran nya oleh BUMDES.” Jelas Maulidi.

KKN Unusa tahun 2023 berlangsung selama hampir 1 bulan. Pembukaan KKN Unusa dilaksanakan pada 20 Juli 2023 dan direncanakan berakhir pada 9 Agustus 2023. Sebelumnya mahasiswa terlebih dahulu melakukan berbagai upaya identifikasi permasalahan kesehatan, sosial dan ekonomi di Desa Tenaru, Gresik. Pondok UMKM merupakan implementasi tema KKN Unusa tahun 2023, Bersama Unusa mengembangkan potensi desa melalui pemberdayaan masyarakat menuju desa Mandiri.xco

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here