, ,

Dorong Pertumbuhan UMKM Jawa Timur, PLN Salurkan Bantuan di Pantai Kondang Merak dan Kampung Majapahit

Surabaya, areknews – Dorong perekonomian masyarakat khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di desa wisata, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur telah menyalurkan bantuan ke 16 kota/kabupaten tersebar di Jawa Timur. Untuk mengembangkan kawasan tersebut, PLN telah menggelontorkan investasi senilai kurang lebih 985 juta rupiah dan potensi konsumsi listrik sebesar 1.575.016 kWh tiap tahunnya.

Melalui acara Festival Kuliner Kondang Merak, Senior Manager Komunikasi dan Umum PT PLN (Persero) UID Jawa Timur bersama Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto meresmikan Desa Tematik di kawasan Pantai Kondang Merak, Malang, Kamis (14/9). Untuk pengembangan kawasan wisata ini, PLN memberikan bantuan elektrifikasi hingga sarana dan prasarana.

Untuk melistriki kawasan ini, PLN membangun jaringan listrik sepanjang 5,1 kilometer sirkuit (kms), 1 unit gardu distribusi daya 160 kVA. Tak hanya itu sarana prasarana yang diberikan antara lain 2 Unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), kompor induksi, alat pemanggang listrik, gerobak sampah dan merevitalisasi beberapa spot dikawasan pantai dalam bentuk mural.

Pantai Kondang Merak adalah sebuah pantai di pesisir selatan Malang, Jawa Timur yang terkenal akan keindahan laut, wisata kuliner hingga wisata alam lainnya antara lain Ngentup, Banyu Meneng dan Selok.

“Pantai Kondang Merak memiliki potensi yang kuat di sektor pariwisata namun sejauh ini masyarakatnya belum menikmati listrik. Harapannya dengan masuknya listrik di daerah ini dapat menggerakan roda perekonomian dan masyarakat lebih produktif dan semakin mudah menggunakan piranti elektronik untuk kegiatan sehari-hari,” terang General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo.

Menyambut baik program PLN ini, Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto mengamini harapan PLN yang telah menaruh perhatian terhadap pertumbuhan wilayahnya.

“Pemerintah berikan apresiasi kepada PLN bahwa masyarakat di pelosok pedesaan kini sudah bisa menikmati listrik dan menjadi bagian transformasi dalam kegiatan sehari – hari dengan menggunakan kompor listrik. Harapannya program ini dapat menarik wisatawan dari berbagai daerah dan menikmati kelezatan kuliner seafood di Pantai Kondang merak,” jelas Didik.

Di Mojokerto, PLN juga memberikan bantuan elektrifikasi hingga sarana-prasarana kepada Kampung Desa Wisata Majapahit yang terletak di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto.

Sebagai jantung bekas Ibukota kerajaan Majapahit, desa yang terletak di daerah Bejijong, Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto ini memiliki potensi di bidang pariwisata dan UMKM.

“Dukungan yang diberikan PLN untuk menghidupkan kawasan bersejarah ini ialah electrifying agriculture untuk sumur persawahan, elektirifkasi untuk homestay kawasan edukasi, bantuan kompor induksi dan neon box kepada UMKM warga sekitar. Kami berharap dengan bantuan yang kami berikan di Desa Bejijong dapat semakin maju, menjadi tujuan wisata sejarah yang layak diperhitungkan,” terang Agus.

Kepala Desa Bejijong, Pradana Tera, mengucapkan terima kasih kepada PLN UP3 Mojokerto atas kepercayaanya menjadikan Desa Bejijong sebagai penerima bantuan Desa Tematik.

“Semoga listrik dapat membawa kehidupan yang lebih baik untuk masyarakat. Wilayah kami menjadi kampung kreatif yang menjadi objek wisata edukasi, budaya, sejarah dan industri kreatif ini dapat terus maju menggerakkan roda perekonomian,” tutup Pradana.met