,

PDAM Surya Sembada Janji Tingkatkan Kontinuitas Melalui Reservoir Cluster dan Pompa Booster

Surabaya, areknews – PDAM Surya Sembada saat ini memiliki 547.000 pelanggan sambungan rumah dengan cakupan pelayanan 95 persen. Ini merupakan jumlah pelanggan terbanyak dari PDAM seluruh Indonesia dalam kategori kota Metropolis.

Dengan jumlah pelanggan yang besar tersebut, PDAM Surya Sembada harus bekerja ekstra untuk melayani kebutuhan distribusi air minum warga kota Surabaya, yang berjumlah sekitar 3 juta jiwa dari segi kontinuitas, kualitas, dan kuantitas. Untuk melayani kebutuhan pelanggan tersebut, PDAM Surya Sembada mengandalkan kapasitas produksi terpasang 10.830 liter/detik dari enam lPAM (Instalasi Pengolahan Air Minum).

Penjabat sementara (Pjs) Direktur Utama PDAM Surya Sembada Sunarno dalam jumpa pers, senin (14/11) mengatakan, bahwa dalam  menjaga kehandalan kontinuitas aliran, PDAM Surya Sembada melakukan penataan sistem distribusi (pressure management).

“Mengingat topografi wilayah kota Surabaya yang relatif rata (flat) sehingga tekanan air yang mengandalkan pompa distribusi dari lPAM kurang optimal, utamanya dari sisi kontinuitas dan kuantitas”ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal ini kata Sunarno, selain membuat reservoir distribusi kapasitas besar , PDAM Surya Sembada juga membangun reservoir cluster yang menjangkau wilayah dan jumlah pelanggan tertentu dengan kapasitas reservoir 5 sampai dengan 15m3 yang dilengkapi dengan pompa booster untuk memaksimalkan tekanan distribusi air di wilayah tersebut.

Reservoir cluster khususnya ditujukan untuk menjangkau wilayah yang distribusi tekanan airnya rendah, utamanya wilayah dengan kontur tanah yang tinggi (contohnya di Kelurahan Made, Kecamatan Sambikerep) atau di wilayah yang jaraknya sangat jauh dan’ lPAM (seperti di Dukuh Gendong Kelurahan Romokalisari Kecamatan Benowo dan Wonosari Kelurahan Ujung.

Sementara itu, direktur operasioanal Tatur Jauhari mengakui jika sewaktu-waktu ada gangguan air. kedepan Reservoir cluster ini akan dibuat sebanyak mungkin di wilayah-wilayah tertentu karena cukup membantu kontinuitas aliran air ke pelanggan.

“Kita akan berupaya melakukan penambahan Reservoir cluster sehingga daerah-daerah yang jauh agar dapat teraliri air dengan kuantitas yang normal,” jelasnya. Selama pemadaman IPAM kata tatur, PDAM menyiapkan 14 truk tangki air dengan kapasitas 4000-5000 liter untuk melayani pelanggan di wilayah terdampak tanpa dipungut biaya. Satu truk tangki dapat melayani 5-7 rumah.xco