,

Peduli Penderita Kanker Payudara, UKWMS Gelar Breast Cancer Campaign Awareness

Surabaya, areknews – Data Riset Kesehatan Dasar, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementrian Kesehatan Republik lndonesia tahun 2015 mencatat ada 347.792 ribu penderita kanker payudara di Indonesia dengan provinsi Jatim meraih peringkat pertama dengan jumlah penderita terbanyak 61.230 orang.

Melihat besarnya angka tersebut, mahasiswa Fakultas ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (Fikom UKWMS) tergerak untuk menyelenggarakan kegiatan Breast cancer campaign awareness by pinktroopers.

Caroline Ika Damajanti program coordinator cancer campaign awareness usai membuka kegiatan mengapresiasi kegiatan mahasiswa UKWMS yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta memberi pemahaman kepada masyarakat terutama mahasiswa UKWMS akan bahaya penyakit kanker payudara yang bisa menyerang generasi muda.

“Melalui kegiatan ini, mampu mengajak masyarakat untuk peduli memeriksa payudara melalui program SADAR (Periksa Payudara Sendriri),” ungkapnya, Senin (21/11).

Sementara itu, ketua panitia Veronica Amelia mengatakan, kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari ini mengusung tema “It ‘s Never Too Late To Discover It”. Kampanye ini terbagi dalam dua rangkaian acara yaitu Healthy Breast Happy Me Campaign dan BRARun (Backwards Running Berlari Mundur).

Kampanye Healthy Breast Happy Me kata Veronica, akan memamerkan manekin manusia yang menggambarkan gejala kanker payudara sebagai ilustrasi, sehingga membantu para pengunjung untuk mengenali kondisi tubuh mereka dan memahami cara mendeteksi kanker payudara.

“Kata “Me” dalam Healthy Breast Happy Me sendiri bertujuan untuk menyampaikan pesan bahwa manekin tersebut merupakan gambaran tubuh mahasiswa atau pengunjung itu sendiri jika tidak menjaga pola hidupnya. “Kami membuat manekin itu dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di sekitar dan juga barang bekas seperti manik-manik dan koran lama,” ujarnya.

Tak hanya pameran, pengunjung juga dapat mengikuti Mannequin Challenge (berpose ala manekin) yang diselenggarakan oleh panitia Pada hari terakhir, pameran akan ditutup dengan jlashmob yang dibawakan oleh seluruh panitia.

Untuk menuju lokasi pameran, pengunjung akan menemukan stiker jejak kaki berwarna pink di sekitar lokasi pameran yang berisi pertanyaan, di mana pengunjung akan dihadapkan pada sebuah refleksi diri.xco