Fokus Benahi Infrastruktur, Pemerintah NSW Siapkan Anggaran 730 Triliun

Sydney, areknews – Salah satu perusahaan pengembang swasta terbesar di Australia yang berbasis di Sydney, Crown Group, memberikan informasi terkini perihal perkembangan ibukota Negara bagian New South Wales. Selama 10 tahun terakhir, pemerintah NSW memfokuskan diri dalam investasi di bidang transportasi yang akan menghubungkan kota Sydney dengan daerah-daerah sekitarnya sehingga menjadikan kota ikonik Australia kota modern seutuhnya dengan sistem transpotasi massal yang mumpuni.

Hal ini juga tercermin dalam Anggaran belanja kedua untuk periode 2016-17 yang diumumkan oleh Bendahara New South Wales dan Menteri Hubungan Industrial di pemerintahan Baird paruh dua, Gladys Berejiklian, sangat terfokus pada investasi infrastruktur dengan rekor senilai 730 triliun yang dialokasikan khusus untuk Negara Bagian NSW, termasuk didalamnya adalah 120 triliun untuk proyek-proyek Sydney Metro selama empat tahun kedepan.

Ini mengedepankan pendanaan yang didedikasikan untuk proyek-proyek infrastruktur utama termasuk Parramatta Light Rail, Sydney Metro City, Southwest, dan Northwest serta WestConnex dan infrastruktur jalan utama lainnya. “Pemerintah Negara Bagian NSW sejatinya sangat menyadari pentingnya sistem tranportasi massal yang terintegrasi dan modern dalam mendukung bukan hanya pergerakan dari penduduk Sydney tapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi dari New South Wales itu sendiri” ungkap Iwan Sunito CEO Crown Group Selasa (14/3).

“Salah satu daerah yang merasakan manfaat langsung dari kebijakan tersebut adalah Waterloo yang merupakan sebuah daerah inner-city suburb yang sudah direvitalisasi dan terletak sekitar 4 kilometer dari CBD Sydney” tambahnya. Pemerintah Negara Bagian NSW baru-baru ini mengumumkan bahwa stasiun kereta Metro baru Sydney akan segera dibangun di Waterloo. “Infrastruktur fasilitas stasiun metro baru ini akan memiliki dampak positif yang signifikan pada nilai properti di masa depan.” Ungkapnya. Waterloo yang dihuni oleh 10.657 jiwa, didominasi oleh usia produktif antara 20 – 49 tahun sebesar 64,4% yang sebagian besar berkerja sebagai professional (34.4%) dan manajer (16,5%). Waterloo mencapai pertumbuhan tertingginya di Negara Bagian NSW pada kurun waktu 2014 – 2015 yang mencapai 11,4%.

Maka, tidaklah mengherankan jika pertumbuhan harga apartemen di Waterloo dengan satu dan dua kamar mencapai 40% selama lima tahun terakhir. Sementara pertumbuhan harga sewa mingguan untuk apartemen satu dan dua kamar selama lima tahun terakhir masing-masing adalah 18% dan 14%. Dan Rental Yield per tahun untuk Waterloo pada bulan Maret 2016 adalah sebesar 4,6%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan daerah lain di sekitaran kota Sydney yang hanya mencapai 4,0%. “Waterloo juga dikenal sebagai The Centre For Learning. Secara geografis, Waterloo di kelilingi oleh 3 institusi pendidikan paling bergengsi di Australia yaitu, University of Sydney, University of New South Wales dan University of Technology Sydney,” ungkap Iwan Sunito. Sementara untuk pendidikan menengah atas, Waterloo juga dekat dengan 2 sekolah menengah favorit di Negara bagian NSW, Sydney Girls High School (peringkat ke-tiga di seluruh NSW) dan Sydney Boys High School (peringkat ke-lima di seluruh NSW). Pada semester kedua tahun 2017 ini, Crown Group akan meluncurkan proyek menara hunian terbarunya, Waterfall by Crown Group di kawasan Waterloo.

Waterfall by Crown Group adalah proyek empat menara hunian dengan 331 unit apartemen. Proyek ini akan mencakup enam gerai ritel, restoran dan kafe ditambah fasilitas mewah ‘termasuk kolam renang, gym, ruang serbaguna, ruang musik, wilayah taman komunal dan fasilitas barbekyu. Sesuai dengan namanya – Waterfall by Crown Group akan menampilkan fitur tembok air yang mengalir; setinggi 22 meter atau tujuh lantai, dan mungkin satu-satunya yang ada di Australia. “Waterfall by Crown Group dirancang untuk merevolusi penggunaan ruang hijau dalam pembangunan hunian Australia” tutup Iwan Sunito.xco