, ,

Bank Mandiri Dorong Pertumbuhan Investasi Lewat Produk Reksa Dana

Surabaya, areknews – Bank Mandiri terus mendorong pertumbuhan investasi khususnya pada pasar modal Indonesia. Saat ini Bank Mandiri sebagai salah satu bank BUMN terbesar memiliki layanan pilihan produk investasi yang lengkap dan inovatif bagi para nasabah. Bank Mandiri bersama perusahaan anak Mandiri Investasi yang berfungsi sebagai Manajer Investasi dalam menyediakan pilihan produk Reksa Dana terlengkap dalam berbagai asset class.

Dalam rangka menyambut kemerdekaan RI yang ke 72, Bank Mandiri bersama Mandiri Investasi membuat rangkaian event yang diselenggarakan di tiga kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Medan dan Surabaya dengan mengangkat tema “Spirit Memakmurkan Negeri”. Tema ini sebagai bagian dari refleksi sejauh apa kontribusi yang diberikan oleh Bank Mandiri dan Mandiri Investasi dalam mengisi kemerdekaan khususnya dalam hal pendidikan dengan memberikan edukasi keuangan kepada masyarakat. Pentingnya pengetahuan bagi masyarakat dalam merencanakan keuangan sejak dini untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Saat ini jumlah masyarakat yang memiliki akses perbankan masih sekitar 60 juta orang atau jauh dibandingkan total penduduk Indonesia yang sudah mencapai 250 juta penduduk. Sementara itu disisi lain jumlah masyarakat yang memiliki akses terhadap pasar modal jauh lebih terbatas hanya dibawah 1 juta orang dan khusus pada level reksadana hanya sekitar 500 ribu orang.

Agus Haryoto Widodo, RCEO Bank Mandiri 8 Jawa 3 menyatakan, Bank Mandiri terutama Regional 8 atau Surabaya, senantiasa selalu berusaha untuk dapat memberikan edukasi dalam literasi keuangan sesuai dengan program OJK baik bagi para nasabah maupun masyarakat dan mendukung penjualan produk – produk Reksa Dana Mandiri Investasi di seluruh cabang Bank Mandiri terutama di Region 8 Jawa 3.

Saat ini jumlah AUM Bank di Region 8 Jawa 3 per Juli 2017 sebesar Rp 4 Triliun yang terdiri dari Rp. 2 Triliun AUM Reksa Dana, Rp. 1.2 Triliun AUM Surat Berharga/Obligasi dan Rp. 700 Milyar AUM Bancassurance. Sedangkan pertumbuhan AUM Reksa Dana di Bank Mandiri Region 8, Jawa 3/Surabaya hingga Juli 2017 tercatat sebesar Rp 700 Milyar meningkat 53 % dari tahun 2016 bulan yang sama.

Adapun jumlah nasabah prioritas Region Region 8, Jawa 3/Surabaya sebesar 5026 orang atau 9.6 % dari seluruh nasabah prioritas Bank Mandiri. Sedangkan Jumlah kantor cabang regular sebanyak 319 cabang dan jumlah outlet prioritas sebanyak 5 outlet. Dengan jumlah waperd untuk mensuport nasabah adalah 176 orang tersebar di seluruh Region 8, Jawa 3/Surabaya . Kami di Bank Mandiri Region Region 8, Jawa 3/Surabaya berkomitmen untuk terus melakukan edukasi dan literasi tentang pentingnya perencanaan keuangan dan investasi bagi masyarakat.

Elina Wirjakusuma, ‎SVP Wealth Management Group Bank Mandiri juga menyampaikan bahwa saat ini pertumbuhan dana nasabah yang telah dikekola oleh Wealth Management Bank Mandiri hingga Juli 2017 adalah sebesar 167 T meningkat sebesar 16% dari tahun 2016 pada bulan yang sama. Pertumbuhan ini tentunya dengan dukungan Mandiri Investasi dalam memberikan pilihan produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah Wealth Management Bank Mandiri. Kami percaya sinergi Mandiri Group ini akan memberikan kepuasan kepada para nasabah Bank Mandiri yang membutuhkan diversifikasi produk investasi.

Adapun pertumbuhan AUM Reksa Dana di Bank Mandiri Region Region 8, Jawa 3/Surabaya hingga Juli 2017 tercatat sebesar Rp. 2 Triliun meningkat 53% dari tahun 2016 bulan yang sama. Pertumbuhan tersebut dihasilkan melalui jaringan 319 cabang termasuk 5 outlet Prioritas yang tersebar di Region 8, Jawa 3/Surabaya. Terdapat 13 produk Reksa Dana Open end dari Mandiri Investasi dari 53 jenis Reksa dana open end yang dijual di Bank Mandiri.

Kedepan nya kami berharap Bank Mandiri dapat menjadi pilihan utama yang memiliki keunggulan di bidang wealth management. Endang Astharanti, Direktur Mandiri Investasi mengungkapkan, “Sampai dengan Juli 2017 Mandiri Investasi mengelola dana/AUM sebesar Rp 48,1 Triliun yang menjadikan Mandiri Investasi sebagai Manajer Investasi lokal terbesar dalam segi AUM”. Pilihan produk Reksa Dana yang ditawarkan kepada nasabah Bank Mandiri saat ini tidak hanya sebatas Reksa Dana Terproteksi dan Open End, Bank Mandiri juga menawarkan produk Reksa Dana Global yaitu Mandiri Global Sharia Equity Dollar. Dalam mengelola portfolio global produk ini Mandiri Investasi berkolaborasi dengan perusahaan manajer investasi global terkemuka, J.P. Morgan Asset Management yang berperan sebagai technical advisor.

Endang Astharanti juga menekankan pentingnya kerja sama antara Mandiri Investasi dan Bank Mandiri dalam penjualan produk – produk Reksa Dana Mandiri Investasi. Kami percaya dengan dukungan Bank Mandiri, dana kelolaan Reksa Dana Mandiri Investasi dapat terus bertumbuh. Mandiri Investasi selalu siap memberikan layanan terbaik bagi para nasabah dan calon investor Bank Mandiri.vem