, ,

Rawan Aksi Teror, F Golkar Minta Peran RT, RW Diperkuat

Surabaya, areknews – Pemerintah Kota Surabaya terus berusaha mengantisipasi berbagai kemungkinan ancaman dan gangguan keamanan seiring dengan maraknya aksi terorisme akhir – akhir ini.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Surabaya, Pertiwi Ayu Khrisna, SE, MM meminta kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing akan adanya provokasi. Selain itu, ikut berperan aktif membantu pemerintah dalam menekan ruang gerak para pelaku teror.

“Termasuk Siskamling dan PAM swakarsa, kalau bisa mohon untuk diaktifkan kembali,” ujarnya, Jumat (18/5). Anggota Komisi A DPRD yang juga biasa disapa Ibu Ayu ini menyampaikan, di lembaga desa atau kelurahan tersebut memiliki peran penting dalam masyarakat.

“Kami akan melakukan upaya penguatan peran aktif RT dan RW di setiap daerah di Surabaya saat kunjungan kerja, karena memiliki peran penting dalam pertahanan wilayah,” katanya.

Dia menjelaskan peran RT, RW ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat. Sehingga upaya pencegahan dini adanya tindakan hal itu bisa diantisipasi lebih awal.

Peran RT dan RW Dibutuhkan

Anggota Komisi A DPRD Surabaya Pratiwi Ayu Trisna
Anggota Komisi A DPRD Surabaya Pertiwi Ayu Khrisna, SE, MM

“Peran RT, RW dengan adanya situasi ini sangat dibutuhkan. Ini upaya pencegahan dini. RT dan RW bisa memberikan informasi lebih awal kepada pihak berwenang. Apalagi sudah ada gerak gerik yang dinilai mencurigakan di tengah kehidupan masyakarat di Surabaya,” tambahnya.

Dengan adanya peran aktif RT dan RW, bisa memberikan dampak positif yang baik kepada masyarakat di wilayah tersebut. “Sebab kerukunan masyarakat RT RW, sudah tercipta situasi aman dan kondusif di wilayah tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terus berusaha mengantisipasi berbagai ancaman terorisme di kotanya. Salah satunya dengan mengumpulkan pilar-pilar sosial, para pengurus RT-RW maupun tokoh masyarakat (tomas) se-Kelurahan Wonorejo Surabaya, untuk dilakukan pembinaan dan komunikasi sosial (komsos).

Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk menjaga situasi aman dan kondusifnya Kota Surabaya. Risma menjelaskan, kegiatan tersebut juga sebagai sarana untuk mengadakan pengawasan perkembangan wilayah, khususnya di wilayah Kecamatan Rungkut, Surabaya. Risma juga menekankan agar tetap waspada terhadap orang-orang yang dirasa mencurigakan.xco