, ,

Masa Libur Berakhir, Sekretaris Komisi D Minta ASN Tidak Bolos Kerja

Surabaya, areknews – Masa libur panjang Lebaran 2018 sudah berakhir. Sebagian besar instansi pemerintahan akan memulai kembali aktivitas operasionalnya pada Kamis, (21/6). Namun, tidak dapat dipungkiri, setiap usai libur Lebaran, beberapa aparatur sipil negara (ASN) diduga seringkali terlambat masuk kerja dan menambah hari libur.

Hal ini mendapat perhatian serius dari Sekretaris Komisi D DPRD Surabaya Fatchul Muid yang meminta agar SKPD kembali beraktivitas untuk melakukan pelayanan administrasi kepada masyarakat. “Cuti lebaran tahun ini sudah sangat panjang, tentunya hari ini, Kamis (21/6) aktivitas sudah harus normal tidak boleh ada perpanjangan apalagi sampai hari Senin,” ujarnya kepada sejumlah media saat ditemui di gedung dewan, Kamis (22/6).

Menurutnya, aktivitas kantor sudah di mulai, dan pelayanan masyarakat harus sudah di buka secara normal di setiap kantor SKPD lingkungan pemkot Surabaya. Termasuk pelayanan di kantor kelurahan dan kecamatan. “Mudah-mudahan tahun ini semua ASN lebih disiplin dan bisa beraktivitas kembali untuk melayani warga” harapnya.

Komisi D Sudah Mulai Beraktivitas

Sekretaris Komisi D DPRD Surabaya Fatchul Muid. Ist
Sekretaris Komisi D DPRD Surabaya Fatchul Muid. Ist

Politisi dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini juga berpesan kepada masyarakat jika ingin menemui Anggota DPRD khususnya Komisi D untuk menyampaikan aspirasi, sudah bisa langsung mendatangi kantor DPRD Surabaya mulai hari ini, Kamis (21/5).

Sementara itu, pemerintah di tingkat pusat dan daerah telah menyiapkan berbagai sanksi tegas untuk menindak perilaku tidak disiplin ASN tersebut. Sanksi berupa administratif hingga penundaan gaji dipersiapkan bagi ASN yang tidak disiplin sesuai dengan PP No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengingatkan, Kamis 21 Juni 2018 semua Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Prajurit TNI dan Anggota Polri, mulai masuk kerja seperti biasa. Dan jangan sampai membolos setelah libur panjang Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Saya mengingatkan pada Kamis 21 Juni 2018, seluruh aparatur negara harus sudah masuk kerja seperti biasa. Saya percaya Saudara-saudara akan menjaga disiplin dan mematuhi ketentuan tersebut,” kata Asman melalui keterangan tertulis, Rabu 20 Juni 2018.

Senada, Ketua Umum Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) Zudan Arif Fakhrulloh mengingatkan pegawai negeri sipil agar tidak membolos pada hari pertama bekerja. Karena pemerintah telah memberi waktu yang panjang untuk libur Idul Fitri.

“Langsung kerja, langsung berkarya, tancap gas. Tidak ada waktu untuk santai-santai, karena liburnya sudah panjang,” ujar Zudan melalui pesan singkat, Rabu 20 Juni 2018. Menurut Dirjen Dukcapil, Kementerian Dalam Negeri ini pemerintah sangat begitu baik pada ASN. Bukan hanya libur yang panjang para ASN mendapatkan tunjangan jabatan dan kinerja utuh. “Saya kira liburan sudah cukup panjang. Negara sudah begitu baik, loh pada ASN. Produktivitas kerja yang selama liburan harus segera diganti,” tegasnya.xco