,

Kader Partai Nasdem Ajak Warga Pilih Pemimpin Amanah

Surabaya, areknews – Gelaran demokrasi silih berganti menyapa masyarakat. Sekretaris Komisi D DPRD Surabaya Fatchul Muid meminta agar masyarakat betul-betul memilih pemimpin yang amanah. Politik harus bisa mencerdaskan bangsa, dan rakyat jangan di suguhi politik uang apalagi politik pecah belah.

“Pemimpin itu bukan penguasa, sebaliknya penguasa juga bukan pemimpin. Mencari pemimpin yang sidik, amanah, tablik, fatonah. Ini harus diresapi betul-betul dan dilaksanakan,” ujarnya di hadapan warga, Selasa (19/12).

Prosedur demokrasi di Indonesia membuat para pemimpin bisa dipilih lewat partai politik. Untuk itu partai politik harus diisi orang-orang yang baik. Pemilu diharapkan menghasilkan pemimpin yang bagus sehingga diatur tidak boleh ada hubungan darah vertikal dengan pemimpin sebelumnya. Ini untuk menghindari munculnya dinasti politik,” kata dia.

Setiap warga negara yang memenuhi syarat memiliki satu suara yang sama untuk memilih pemimpin. Maka itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. “Prinsip demokrasi adalah satu orang, satu suara, satu nilai sehingga tidak ada perbedaan kelas. Karena itu hati-hati gunakan hak pilih karena kita bukan mencari calon penguasa yang hanya memakmurkan kepentingan kelompoknya saja tanpa melihat kepentingan masyarakat,” ungkapnya.

Hampir setiap hari dirinya mengaku terus berkeliling untuk menyerap aspirasi warga, selain itu untuk mengajak warga untuk peduli lingkungan. “Mereka harus tahu posisi mereka sebagai pemilik negeri bahwa kuat dan majunya negeri ini tergantung mereka sebagai rakyat,” jelasnya.

Menurutnya, menjadi rakyat harus partisipatif dalam pembangunan terutama dalam menggunakan hak nya dalam pemilu. “Mereka harus tahu calon pemimpin dan wakil rakyat nya supaya kelak pembanguan negeri ini bisa bersinergi dgn kepentingan rakyat secara keseluruhan,” pungkasnya.xco