, ,

Caleg Demokrat Dapil Satu Tri Wahyudi Dukung Pemprov Wujudkan Pendidikan SMA/SMK Gratis

Surabaya, areknews – Rencana kebijakan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawangsa menggratiskan SMA/SMK termasuk di Surabaya yang diperjuangkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, mendapat dukungan penuh dari politisi Partai Demokrat Surabaya Tri Wahyudi Ari Setiawan. Caleg DPRD Kota Surabaya dapil 1 nomor urut 2 itu menilai, jika pendidikan sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat.

“Jadi sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memenuhi kebutuhan itu dengan memberikan pendidikan gratis” jelasnya. Caleg yang pernah berprofesi sebagai jurnalis ini berpendapat kalau pendidikan SMA/SMK gratis sudah menjadi janji politik pasangan Khofifah-Emil saat masih menjadi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

“Jadi sudah sepatutnya janji itu ditepati” lanjutnya. Tri Wahyudi menambahkan akan lebih baik lagi kalau SMA/SMK gratis diterapkan secepatnya di tahun ajaran 2019. Namun dia mengingatkan meskipun nantinya gratis, tapi pemerintah daerah harus tetap memperhatikan mutu dari pendidikan SMA/SMK. “Jangan mentang-mentang gratis nanti gurunya mengajar seenaknya.

Kasihan itu siswanya” pungkasnya. Sebelumnya pendidikan SMA/SMK gratis disampaikan Khofifah setelah dilantik menjadi Gubernur Jatim. Anggaran untuk SPP gratis SMA/SMK rencananya berasal dari anggaran untuk biaya operasional sekolah daerah (Bosda). Sementara itu Walikota Surabaya Tri Rismaharini juga sempat menyinggung ingin kembali mengelola SMA/SMK agar bisa membebaskan biaya SPP.xco