, ,

Peringati Hari Kemerdekaan, YPTA Surabaya Gelar Upacara Virtual

Surabaya, areknews – Masa pandemi COVID-19 yang belum usai tidak menghalangi semangat sivitas akademika Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun. Hal tersebut diwujudkan melalui upacara virtual pada Selasa, (17/8). Upacara diikuti dengan khidmat oleh lebih dari 500 peserta yang terdiri atas mahasiswa, dosen hingga pejabat struktural di lingkungan YPTA Surabaya. 

‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’ diusung sebagai tema peringatan Kemerdekaan RI tahun ini. Meski digelar secara virtual, upacara dilengkapi pengibaran bendera merah putih oleh UKM Resimen Mahasiswa melalui pemutaran video. Upacara juga ditandai dengan sikap hormat dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta upacara.

Pembina YPTA Surabaya – Bambang DH sebagai inspektur pada upacara virtual tersebut. Bambang mengajak peserta untuk bersyukur masih dapat berjumpa meski secara virtual, “Kita bisa merasakan mereka yang kehilangan keluarga terdekat, mari kita doakan agar arwah keluarga kolega mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah.”

Senada dengan tema tema peringatan Kemerdekaan RI, Mantan Walikota Surabaya ini berharap, “Mudah-mudahan dengan ketangguhann melwati tantangan, hambatan dan rintangan pandemi bisa dilewati, sehingga ekonomi bisa tumbuh.” Dia mengapresiasi seluruh satuan pendidikan di lingkungan YPTA Surabaya: SMP, SMA dan Untag Surabaya karena bertahan di masa pandemi COVID-19 dan terus melayani masyarakat.

Bambang mengaku bangga atas capaian YPTA Surabaya, “Ini capaian yang menggembirakan karena menggambarkan kepercayaan masyarakat meski (melalui pelayanan) secara daring.” Dia pun mengajak seluruh peserta untuk mengasah simpati dan empati. “Itu kita bangun di kampus merah putih di bawah YPTA Surabaya,” pesannya. “Pelaksanaan yang sederhana singkat ini jadi momentum kita merenungkan kembali perjuangan para pahlawan dan bergegas maju mencapai cita-cita tujuan bersama,” tutup Anggota DPR RI tersebut.

Dalam upacara tersebut Direktur Organisasi dan Hukum YPTA Surabaya – Eddy Wahyudi, S.H., M.Si. membacakan Surat Keputusan bernomor 175/Y-A/kt/VIII/2021. Melalui SK tersebut, YPTA Surabaya memberikan penghargaan kepada 11 dosen maupun tenaga kependidikan atas 25 tahun pengabdian. Dalam video yang diputarkan, penghargaan yang digelar secara luring terbatas tersebut diberikan langsung oleh Ketua YPTA Surabaya-Drs. Mangapul Silalahi, MM.xco