,

Pertahankan Esensi Kemerdekaan Saat Pandemi, Singapore National Academy Gelar Upacara Bendera Secara Virtual

Sidoarjo, areknews – Upacara bendera peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun ini digelar oleh Singapore National Academy (SNA) secara virtual pada hari Rabu, 18 Agustus 2021.

Diikuti oleh lebih dari 300 peserta Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) melalui live streaming Youtube SNA, upacara ini berlangsung selama kurang lebih tiga puluh menit.
Meskipun tidak dapat menyelenggarakan upacara secara tatap muka, esensi perayaan tidak berkurang sedikit pun.

Upacara dibuka dengan lantunan lagu indah berjudul “Tanah Airku” oleh salah satu siswi SD Kelas 2
SNA, Lakeisha Ariestia. Prima Liestyawati, selaku pembawa acara, kemudian mempersilakan petugas upacara serta pembina upacara untuk memasuki ruang tatap maya. Dalam amanatnya, Rahayu Sulistyawati selaku pembina upacara, menekankan bahwa peringatan kemerdekaan ini adalah saat yang tepat untuk kita mengenang jasa para pahlawan serta mengisi kemerdekaan meskipun dengan hal-hal kecil namun positif.

Rahayu mengajak kita bahwa meskipun dalam keterbatasan, kita patut bersyukur dengan adanya teknologi yang memampukan kita untuk tetap belajar. “Pandemi tidak menyurutkan pembelajaran untuk menjadi sejarah yang terukir.” tandas Kepala Sekolah SMP SNA itu.

Tidak hanya sampai di situ, SNA juga mengadakan lomba antar kelas yang masuk dalam rangkaian
perayaan kemerdekaan tahun ini. Berbagai lomba seperti Lomba Deklamasi Puisi, Lomba Bercerita
Cerita Rakyat, Lomba Menyanyi Lagu Daerah, dan Lomba Menggambar Poster diadakan untuk murid
SD.

Sementara untuk murid SMP dan SMA diadakan Lomba Melukis Masker, Lomba Reporter/Vlog,
serta Lomba Menulis Artikel Ilmiah. Tidak mau kalah, murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) SNA pun juga melakukan perayaan sendiri.

Dikoordinir oleh dua guru, Febriyati Yulia dan Sari Lestyorini, acara yang berlangsung selama satu jam itu berlangsung dengan meriah. Dalam rangkaian acaranya, para murid diajak untuk mengenal pahlawan-pahlawan Indonesia beserta dengan asalnya.

Selain itu mereka juga menyanyikan lagu-lagu kebangsaan dengan semangat. Tak ketinggalan beberapa siswa unjuk diri dalam berbagai penampilan, salah satunya adalah membaca puisi.
Dengan mengusung tema ‘Persatuan dan Kesatuan’, para murid diharapkan untuk mampu
menghargai keberagaman sejak dini.

“Dalam acara tadi, sempat dijelaskan juga mengenai arti semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Kami ingin para murid SNA belajar untuk menghargai perbedaan agama, suku, ras, dan budaya.” ujar Febri yang juga adalah Guru PAUD SNA.

Ini adalah kali kedua Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia diadakan secara virtual. Sesuai
dengan tema yang diangkat tahun ini, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, para penerus bangsa
diharapkan tetap tangguh dalam menghadapi segala situasi termasuk situasi pandemi ini, sehingga mereka bisa tetap terus tumbuh dan membangun negeri.xco

Berikut galeri foto kegiatan Perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia diadakan secara virtual

IMG-20210818-WA0063

IMG-20210818-WA0062

IMG-20210818-WA0061