,

Dewan Kawal Realisasi Insentif Marbot ‘Cair’ 2024

Surabaya, areknews – Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah mengatakan dalam waktu dekat, setiap marbot di seluruh Kota Surabaya akan mendapatkan bantuan intensif bulanan. Selain marbot, masyarakat yang juga menerima bantuan intensif antara lain, ketua RT dan RW hingga LPMK.
Bahkan, Kader Surabaya Hebat (KSH) telah lebih dulu mendapat insentif bulanan. Adapun insentif rutin ini di-cover oleh APBD Kota Surabaya. “Besaran angkanya masih dihitung. Begitu juga total marbot penerima insentif ini juga tengah difinalisasi. Namun, besarannya insyaallah Rp 400.000-an per bulan,” ujar Laila d

Lebih lanjut, Laila menjelaskan realisasi penerimaan bantuan insentif khusus para marbot seluruh Surabaya baru akan diberikan pada 2024. Sebab, anggarannya akan diberikan melalui APBD 2024. Namun, pimpinan DPRD itu memastikan sudah ada kesepakatan dari DPRD dan Pemkot Surabaya Laila mengungkapkan selama ini, para marbot sudah mendapatkan honor dari setiap masjid. Namun besarnya tergantung dari masing-masing masjid, bukan dari APBD sehingga nominalnya tidak sama.

Terkait rencana ini, Laila mengungkapkan pihaknya masih akan mengawal realisasi pencairan insentif bulanan marbot ini. Sebab, berapa pun nilai insentif bagi marbot sudah sangat berarti untuk menambah nafkah keluarganya.

Saat ini, Pemkot Surabaya bersama DPRD Surabaya juga tengah menyiapkan seluruh perangkat untuk pencairan bantuan honor marbot. Hal ini termasuk persyaratan dan ketentuan marbot penerima insentif hingga masa pengabdian. Laila menyebut salah satunya syaratnya antara lain, marbot harus ber-KTP Surabaya. Meski demikian, ia mendorong agar persyaratan realisasi pencairan insentif itu tidak memberatkan.

Ia juga menyebut potensi kerumitan apa pun harus diantisipasi, termasuk jika ada lebih dari satu marbot dalam satu masjid. Laila mengatakan kondisi ini juga harus dipastikan dan disosialisasikan dengan baik agar jelas. Ia menegaskan saat ini semua pendukung sistem tengah dikaji.

Laila mengungkapkan wacana pemberian bantuan insentif bulanan bagi marbot telah lama disuarakan. Fraksi PKB di DPRD Surabaya bahkan sudah mewacanakan ‘kesejahteraan’ marbot cukup lama dan hingga sampai saat ini pihaknya masih konsisten memperjuangkannya.

Penasehat Fraksi PKB DPRD Kota Surabaya ini mengungkapkan sejak April 2021, fraksinya sepakat memberi perhatian khusus kepada para marbot yang berjumlah ribuan marbot di Surabaya. Ia mengatakan hampir semua masjid memiliki petugas marbot sehingga harus ada data akurat mengenai jumlah marbot.xco