,

Eddy Supriyanto Sebut Secara Umum, Pemilu 2024 di Jatim Berjalan Lancar

Surabaya, areknews – Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur, Eddy Supriyanto menyebut pelaksanaan pemilu serentak pada 14 februari 2024, yang memilih Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD di Jawa Timur, secara umum berjalan dengan lancar, tertib, aman dan kondusif.

“Secara umum, pelaksanaan Pemilu 2024, berjalan dengan lancar, tertib, aman dan kondusif. Meski ada beberapa kabar duka lantaran petugas KPPS dan petugas keamanan yang meninggal usai menjalankan tugas,” kata Eddy, Rabu (21/2/2024).

Lanjut Eddy, meski tidak bisa dipungkiri bahwa petugas KPPS dan keamanan yang meninggal dunia bukan karena faktor kelelahan saja. Namun juga ada beberapa karena penyakit penyerta seperti, jantung, darah tinggi, dan sebagainya.

Sementara itu, dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di Jatim juga ada beberapa permasalahan seperti perhitungan ulang di Pamekasan, dan pencoblosan ulang di Sampang dan Surabaya yang saat ini sudah bisa dikoordinasikan dengan pihak KPUD setempat.

Menurut Eddy, evaluasi kedepan, petugas penyelenggara pemilu nantinya harus lebih selektif dalam pengecekan kesehatan sehingga kedepan tidak ada lagi petugas yang meninggal dunia.

Terkait hal itu, pihaknya juga menghimbau agar masyarakat saat tidak terpancing dengan isu-isu yang beredar, yang bisa berdampak pada konflik di masyarakat.

“Suasana kondusif, aman dan damai harus tetap dijaga, agar roda perekonomian dan pemerintah di Jawa Timur kembali berjalan dengan baik,” pungkas Eddy.met