,

Renovasi Tepat Waktu, Gereja HKBP Kedondong Akhirnya Diresmikan

Surabaya, areknews – Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang berada di Jalan Kedondong No 10-12 Surabaya akhirnya diresmikan setelah dilakukan renovasi pada bangunan gedung, Minggu (3/12). Peresmian dilakukan langsung oleh Praeses Distrik IBT-XVII Indonesia bagian timur Pdt,Tumpak Siahaan,S.Th di dampingi oleh Gembala gereja pimpinan jemaat (Pendeta Ressort) yakni Pdt,Belherimen Sitompul, S.Th serta di saksikan ketua panitia pembangunan Parasian Panggabean dan Sekretaris St,Rudy Marudut Pangihutan. Sinaga,S.Kom.

Prosesi acara diawali dengan pemotongan pita di depan pintu masuk gereja, yang dilakukan oleh Istri dari pendeta Tumpak Siahaan selaku Praeses utusan pusat. Juga secara simbolis dilakukan pelepasan ratusan balon putih sebagai bentuk cinta kasih terhadap Tanah Air maupun masyarakat sekitar.

Ratusan jemaat HKBP nampak antusias mengikuti rangkaian acara yang dimulai pukul 09.00 WIB dengan menunggu sejak pagi. Acara tersebut terasa lengkap dengan iringan musik Gondang asal khas daerah batak sebagai bentuk tradisi ucapan syukur. Berbagai tokoh HKBP di Surabaya juga turut hadir Laksamana Pertama Manahan Simorangkir selaku kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut Di Mabes TNI dan mantan Kakanwil Jatim Ditjen Pajak Fajar Siahaan beserta tokoh HKBP lainnya.

Panitia pembangunan Gereja HKBP Surabaya : kiri, Ketua Parasian Panggabean dan tengah, Sekretaris panitia St,Rudy M.P, Sinaga,S.Kom, Kanan, Bendahara St Sitorus. Ist
Panitia pembangunan Gereja HKBP Surabaya : sebelah kiri, Ketua Parasian Panggabean , tengah, Sekretaris panitia St,Rudy M.P, Sinaga,S.Kom, sebelah Kanan, Bendahara St Sitorus. Ist

Selanjutnya penandatangan prasasti di lakukan oleh Praeses Pdt,Tumpak Siahaan dan di lanjutkan Gembala (Pimpinan) Gereja HKBP Surabaya Pdt B,Sitompul serta Ketua panitia pembangunan Parasian Panggabean. Praeses pendeta Tumpak Siahaan usai peresmian mengapresiasi progres renovasi Gereja HKBP yang menurutnya sangat megah. “Jadi gereja itu dengan kehadiran Tuhan, baru hidup kita merasakan enak dan nyaman,dimana kita juga membawa damai kita lihat juga paus paulus turun ke Myanmar dan kita membawa misi damai,” ujarnya.

Begitujuga dengan Pdt, B,Sitompul,S,Th selaku Gembala pimpinan Gereja HKBP Kedondong menambahkan, pesan positif dengan adanya renovasi pembangunan HKBP Surabaya, “Dengan selesainya renovasi pembangunan gereja kami di Surabaya, adalah bentuk nyata dari seluruh jemaat HKBP Surabaya dan berharap kedepan semua pemimpin semakin solid, bersatu dan menjadi berkat bagi semua orang, bukan hanya untuk gereja tetapi bagi seluruh masyarakat Surabaya,” terangnya.

Sementara itu, ketua panitia pembangunan gereja Parasian Panggabean mengatakan, pelaksanaan pembangunan dilakukan tepat waktu yakni sekitar enam bulan. “Kurang lebih enam bulan kurang sembilan hari, semua ini karena berkat Tuhan dan penyertaan Tuhan kami bisa melaksanakannya tepat waktu tanpa ada kendala,” katanya. Dengan selesainya pembangunan ini, pihaknya bersama dengan jemaat lainya bisa merayakan natal tahun 2017 ini dengan lebih baik dan bisa menampung seluruh jemaat. “Untuk jumlah jemaat saat ini sekitar tiga ratus lima puluh kepala keluarga dan berasal dari berbagai daerah di Surabaya,” pungkasnya.xco