, ,

Ribuan Warga Surabaya, Nikmati CFD Bersama Puti Soekarno

Surabaya, areknews – Walikota Surabaya Tri Rismaharini mengajak Calon Wakil Gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno untuk menikmati car free day (CFD) di kawasan Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo, Minggu (21/1) pagi. Ribuan warga Kota Surabaya tumplek-blek di kawasan tersebut. Anak-anak, kalangan muda, dan orang tua melakukan pelbagai aktivitas yang menyenangkan.

“Ayo Mbak Puti, saya kenalkan dengan arek-arek Suroboyo,” ajak Risma, peraih predikat Walikota terbaik, kepada Calon Wakil Gubernur Jawa Timur yang diusung PKB dan PDIP tersebut. Cucu Bung Karno itu pun menyambut ajakan Risma. “Minggu pagi yang menyenangkan di Surabaya. Penuh semangat,” kata Puti.

Puti tampil segar dan energik meski seharian kemarin berkeliling di Kabupaten Bangkalan, Madura, dan berlanjut pertemuan maraton dengan relawan dan partai pengusung hingga Minggu dinihari.

Begitu tahu kemunculan Risma dan Puti, warga yang berada di di kawasan car free day sontak merubungnya. “Apa kabar Bu Risma? Selamat pagi,” sapa warga. “Kenalkan ya, ini Mbak Puti Guntur Soekarno,” kata Risma memperkenalkan Puti kepada warga. “Apa kabar? Salam kenal ya,” sahut Puti.

Risma dan Puti sempat diajak naik panggung senam aerobik. “Ini saya kenalkan Mbak Puti Guntur Soekarno. Muda, cerdas, cantik, punya visi jelas untuk Jawa Timur. Mbak Puti yang akan mendampingi Gus Ipul,” kata Risma

“Perkenalkan, saya Puti Guntur Soekarno. Saya bersama-sama Gus Ipul dan seluruh warga akan membawa Jatim lebih maju. Mohon doa restu warga,” kata Puti. Warga pun menyambut dengan meriah. Tepuk tangan membahana.”Semoga sukses Mbak Puti,” kata warga.

Risma, Puti, dan warga Surabaya pun ramai-ramai berjalan kaki bersama di sekitar Taman Bungkul. Ada pula yang melakukan senam aerobik, bersepeda, bermusik, dan aktivitas lain.

Pemkot Surabaya menggelar car free day sejak era Walikota Bambang DH. Ketika Risma menjadi Kepala Dinas Pertamanan, ia mempercantik kawasan Bungkul dan Raya Darmo. Setelah Risma menjadi Walikota Surabaya, menggantikan Bambang DH, ia menambah kawasan car free day di sejumlah ruas jalan lain.

Surabaya sekarang banyak diwarnai tumbuhan hijau dan taman. “Pemkot memberi perhatian besar agar Surabaya semakin menjadi kota besar yang asri dan ramah. Ruang terbuka hijau terus ditambah,” kata Risma pada Puti.

Sebagai ibu kota Jawa Timur, lanjut Risma, Kota Surabaya tidak saja menjadi pusat pemerintahan, tetapi juga tumbuh menjadi kota jasa dan perdagangan. “Kota-kota lain di Jawa Timur harus didorong untuk terus tumbuh mengikuti jejak Surabaya. Tentu dengan karakter khas daerah masing-masing,” kata Puti. “Bu Risma luar biasa dalam menjaga dan merawat Surabaya. Hebat,” puji Puti.

Puti mengatakan, warga membutuhkan banyak ruang publik tempat mereka berinteraksi, berkesenian, berolahraga, meriung melepas penat, dan bersantai bersama keluarga. “Terinspirasi Bu Risma, saya dan Gus Ipul sudah bersepakat untuk menyulap aset-aset Pemprov Jatim yang belum teroptimalkan menjadi ruang publik baru yang benar-benar kami persembahkan untuk aktivitas warga,” kata Puti.xco