,

Lagi, Angin Puting ‘Sapu’ 30 Rumah Dua Desa di Sidoarjo

Sidoarjo, areknews – Angin kencang disertai hujan deras menyapu dan merobohkan pepohonan dan beberapa rumah warga di dua desa yakni, Wonokarang dan Bakung Pringgodani, Kecamatan Balongbendo, Sabtu (15/12). Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, kondisi terparah yang tersapu angin puting beliung RT 9 Desa Bakung Pringgodani, sekitar 20 rumah rusak. “Angin datang sekitar pukul 15.30 WIB yang menggulung bergerak dari barat ke timur,” ujar Paiman Warga RT 9 yang rumahnya rusak parah.

Saat itu Paiman sedang mencuci motornya didepan rumah tiba-tiba terdengar suara gemuruh bergerak hingga merontokkan genting-genting rumah dan merobohkan pepohonan. “Kurang dari lima menitan angin telah memporak porandakan kediamannya,” jelasnya. Petugas Polsek Balongbendo yang langsung datang ke lokasi segara melakukan pendataan dan membantu warga melakukan pembersihan.

Kapolsek Balongbendo Kompol Sutriswoko menjelaskan, pihaknya bersama anggota saat sedang melakukan pendataan dan membantu warga yang melakukan pembersihan dahan pohon yang banyak menimpa rumah warga. “Bersyukur tidk ada korban jiwa dalam kejadian ini, dan kita masih melakukan pendataan rumah warga yang rusak,” ujarnya.

Dari data yang dihimpun kondisi rumah warga yang rusak terhitung di kedua desa tersebut sekitar 30 rumah dengan kategori ringan sampai parah. Sementara kondisi terparah terjadi di desa Bakung Pringgodani RT 6 dan 9. Sementara itu, petugas dari BPBD Sidoarjo yang datang ke lokasi bencana langsung melakukan pembersihan dengan membawa berbagai peralatan.

“Saat ini yang kita lakukan adalah melakukan pembersihan pepohonan yang menimpa rumah warga, untuk rumah yang kondisinya parah untuk sementara akan kita kirim terpal dulu,” ujar Aslam salah satu petugas BPBD Sidoarjo dilokasi. Untuk saat ini pihaknya belum bisa memberikan keterangan terkait bantuan yang akan diberikan kepada warga yang rumahnya terkena bencana.jan